Padang Pariaman Gelar Sosialisasi Nagari Digital dan Nagari Wisata

sosialisasi
Parit Malintang, SuhaNews – Padang Pariaman gelar rapat Sosialisasi Pengembangan Desa Digital dan Desa Wisata. Kegiatan ini bekerjasama dengan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementrian keuangan RI, Kementrian Komunikasi dan Informatika, dan Kementrian Dalam Negeri, Padang Pariaman geal

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program prioritas pembangunan di desa sehingga implementasi dan pengembangan desa wisata dan desa digital mutlak dilaksanakan,” ujar Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Kamis (15/7) di Hall Kantor Bupati Padang Pariaman.

Baca juga: Nagari Duo Koto, Agam Bakal Hadirkan Motor Pintar 02 Sebagai Pustaka Digital Keliling

Tidak hanya sekedar sosialisasi, jelas Suhatri Bur, diharapkan nagari digital dan desa wisata di Padang Pariaman dapat berkompetisi dan bersaing serta dikenal baik tingkat Provinsi Sumatra Barat hingga Nasional,  bahkan mancanegara.

“Program ini untuk memajukan nagari sehingga dapat meningkatkan pendapatan nagari melalui kunjungan wisatawan mancanegara,” tambah Suhatri Bur.

Tujuan pembangunan berkelanjutan di era globalisasi ini, jelasnya, lebih menekankan pada keterbukaan dan kemudahan akses, terutama dalam integrasi ilmu dan teknologi, khususnya teknologi informasi.

“Ada empat model desain Nagari digital yang diterapkan,” tambah Suhatri Bur.

Keempat model itu, jelasnya, yakni digitalisasi untuk penyusunan database nagari, digitalisasi untuk pengembangan nagari unggulan, digitalisasi untuk mempercepat pelayanan pemerintah nagari kepada masyarakat nagari, digitalisasi untuk peningkatan transparansi keuangan dan kegiatan pembangunan nigari.

“Diperlukan dukungan dan komitmen dari OPD terkait untuk mewujudkan Nagari Digital dan Nagari wisata ini,” jelas Bupati Suhatri Bur.

Kepala DPMD Erman,S.Sos.,M.M. mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan pengembangan desa wisata dalam rangka memberikan gambaran dan konsep tentang desa wisata dan desa digital.

“Peserta kegiatab ini berasal dari diskominfo,Disparpora, bagian humas, dan nagari yang berjumlah 120 orang,” ungkapnya

BACA JUGA  Universitas Pertamina Gandeng Kampus Mancanegara, Kolaborasi Perkuliahan dan Riset

Rapat sosialisasi yang dimoderatori oleh Ir. Iskandar, M.M. menghadirkan narasumber Agus Kuncoro,S.Sos.,M.Si, Budio Winarto,S.H.,M.Si., Danny Januarisman,S.T., Simon Makarios Aruan, dan Direktur Dana Transfer Umum Kementrian Keuangan. (*/We)

Baca juga: Kerjasama dengan Bank Nagari, Pemko Sawahlunto Luncurkan Pembayaran E-Retribusi

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaKota Payakumbuh Gelar Mega Gebyar Vaksinasi 19-24 Juli 2021
Artikel berikutnyaDamkar Payakumbuh Evakuasi Ular Piton Sepanjang 3 Meter dari Taman Ratapan Ibu