Pasca Terpaparnya 10 Nakes Covid-19, Pasaman Barat Gelar Swab Massal

pasaman
SuhaNews – Pasca terkonfirmasi Covid-19 10 tenaga kesehatan di RSUD Jambak dan Puskesmas Sukomaananti, Pasaman Barat, ratusan petugas medis di Puskesmas Sukomaananti, RSUD Pasaman Barat dan masyarakat yang kontak dengan sepuluh orang dokter positif Covid-19 melakukan tes Swab

“Berdasarkan data sementara hasil trecing dari 10 dokter positif covid-19 tersebut, terdapat sekitar 600 orang yang kontak langsung,” kata Juru bicara Tim Teknis Dinkes Kabupaten Pasaman Barat, Dokter Gina Alecia Senin (31/8/2020), sebagaimana dilansir Spiritsumbar.com.

Mereka yang kontak langsung atau kontak erat berasal dari sesama petugas medis, keluarga dan pasien yang ditangani oleh dokter tersebut.

Ini sebabagai tindak lanjut dari ditemukannya 11 kasus positif di Pasaman Barat. Jumlah hasil tracing meningkat drastis. Satgas terus melakukan pemantauan untuk mempercepat pemutusan penyebaran covid-19.

Menyikapi banyak petugas dan masyarakat yang akan di Swab, jelas Gina, Satgas dan Petugas Dinkes Kabupaten Pasaman Barat mengatur jarak dan membagi tempat swab dua lokasi.

“Tes swab dilakukan di dua lokasi,” jelas Gina Alecia.

pasaman
Gina Alecia

Adapun dua lokasi tempat swab yakni di RSUD Pasbar dan Puskesmas Sukomananti,”  jelas Gina.

Satgas Covid-19, jelas Gina, terus melakukan tracing dan testing, untuk memastikan masyarakt terbebas dari covid-19.

“Satgas juga melakukan pelacakan terhadap tempat tinggal dan lingkungan seluruh dokter atau satu orang warga Pasaman Barat asal Kecamatan Ranah Batahan yang positif kemarin,” jelasnya.

Hingga hari ini, jelas Gina, petugas sudah berhasil melakukan trecing sekitar 600 orang yang kontak dengan pasien positif. Ke depan Satgas akan terus melakukan swab terhadap masyarakat yang kontak dengan seluruh pasien positif, serta dilanjutkan dengan swab.

“Masyarakat diminta melapor apabila pernah kotak atau ada gejala covid-19 termasuk bagi pelaku perjalanan yang mulai banyak saat ini,”  ujarnya. (*/Wewe)

Sumber: Spiritsumbar.com

Baca Juga:

 

 

Facebook Comments

loading...