Peduli Korban Gempa, UNAND Dirikan 2 PLTS di Pengungsian Malampah

Peduli Korban Gempa, UNAND Dirikan 2 PLTS di Pengungsian Malampah
SuhaNews – Peduli dengan korban gempa, tim tanggap darurat Universitas Andalas (Unand) mendirikan 2 pembangkit listrik tenaga surya di pengungsian nagari Malampah kecamatan Tigo nagari Kabupaten Pasaman.

Ketua Tim Tanggap Darurat Unand Zaini ST MSc PhD menyebutkan, ini bentuk kepedulian atas kondisi pengungsi yang membutuhkan air bersih dan listrik untuk penerangan di  posko.

“Yang juga sangat dibutuhkan oleh warga pengungsian gempa bumi di Pasaman dan Pasaman Barat saat ini adalah ketersediaan air bersih dan listrik,” ungkap Zaini ST MSc PhD, Selasa (8/3)

Dijelaskannya, saat ini timnya telah membangun dua buah pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang berada di Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, dan Kampung Tengah, Kajai, Pasaman Barat, untuk memasok kebutuhan listrik warga di pengungsian.

“Kita mengakui dua unit PLTS yang kita bangun masih sangat kurang. Misalnya, di Pasaman, dibutuhkan lima unit PLTS bagi warga yang belum mendapatkan pasokan listrik pascagempa,” tambahnya.

Zaini menambahkan, setiap PLTS yang ada, dapat memasok kebutuhan listrik bagi 40 unit tenda pengungsian.

“Listrik menjadi kebutuhan urgent bagi para pengungsi. Satu unit PLTS menelan biaya Rp5 juta. Masih banyak lokasi pengungsian yang sangat membutuhkan listrik ini,” jelasnya.

Peduli Korban Gempa, UNAND Dirikan 2 PLTS di Pengungsian Malampah 1

Sementara itu, Humas komando tanggap darurat gempa bumi Pasaman, Budhi Hermawan menyebutkan, lokasi pengungsian di Nagari Malampah dan Malampah Barat lokasinya tersebar, sebagian masih sulit dijangkau kendaraan, akibat terputusnya empat unit jembatan di wilayah itu, terdampak banjir dan galodo.

“Bantuan PLTS di pos-pos pengungsian di Pasaman, akan mampu menjawab kebutuhan listrik bagi daerah-daerah pinggir, yang sulit dijangkau kendaraan,” ujar Budhi, di posko media center komando tanggap darurat Pasaman, komplek Kantor Camat Tigo Nagari.Rel.

BACA JUGA  Sejak 2013, Pasaman Sudah Raih Sembilan Kali WTP

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprak354 Santriwan Insan Cendekia Harau dan Payakumbuh Ikuti Wisuda Tahfiz
Artikulli tjetërBRUS di SMAN 2 Padang Panjang, H.Alizar; Menikahlah dengan 3T