Pelatihan Digelar, Bupati Solok: Koperasi untuk Kesejahteraan Bersama

solok
Peserta pelatihan koperasi
Batusangkar, SuhaNews – Bupati Solok membuka pelatihan penguatan kelembagaan koperasi bagi pengurus koperasi di Kabupaten Solok tahun 2020 di  Emersia Hotel Batusangkar, Minggu, 26 Juli 2020.

“Pelatihan gelombang kedua ini diikuti oleh 40 orang peserta,” ujar Kepala Dinas Koperindag, Eva Nasri di hadapan Bupati Solok, H. Gusmal, Perwakilan Kejari Solok Irfan dan peserta pelatihan.

Peserta pelatihan, jelas Eva Nasri, merupakan pengurus, pengelola koperasi. Pelatihan akan digelar selama 3 hari. Selain pengurus lama, ada juga peserta pelatihan bagi pengurus koperasi yang baru dirintis.

“Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan keprofesionalan pengurus koperasi dalam mengelola koperasi demi meningkatkan kesejahteraan anggota,” jelas Eva Nasri.

Sementara Bupati Solok menekankan bahwa pembentukan sebuah koperasi didasari dengan undang-undang aturan yang berlaku.Salah satu tujuan dibentuknya koperasi ialah untuk mensejahterakan anggota serta mencari laba/benevit untuk organisasi koperasi itu sendiri.

“Dengan adanya koperasi, secara tidak langsung akan membantu perekonomian anggota maupun masyarakat,” jelas Bupati Gusmal.

Koperasi, jelas Gusmal, bisa dimanfaatkan sebagai wadah untuk membangun sebuah usaha berkelanjutan. Koperasi yang aktif juga akan menunjang perekonomian daerah.

“Pemilik usaha harus bersikap berani, terampil serta memiliki pemahaman dan wawasan yang luas agar usaha yang digeluti dapat berjalan dengan baik,” tambah Gusmal.

Bupati berharap koperasi yang ada tetap aktif. Pemerintah daerah akan selalu memberikan pembinaan.

“Koperasi yang baik, memiliki pembukuan yang  jelas dan transparan,” tukuk Gusmal.

Bupati mengingatkan para peserta pelatihan bahwa anggota koperasi jangan hanya menjadi pribadi yang konsumtif, tetapi jadilah pribadi yang produktif. Wewe

Baca Juga:

 

Facebook Comments

loading...