Pemko Sawahlunto Laksanakan Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City dan Quick Win

SuhaNews – Pemko Sawahlunto melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan masterplan smart city dan quick win program unggulan tahap I, di Gedung Industri Kecil Menengah (IKM) Disperindagkop, pada Rabu 05 Juli 2023.

Bimtek tersebut sebagai langkah merumuskan rencana strategis dan holistik dalam membangun kota cerdas (smart city).

 

Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Dr.dr. Ambun Kadri, MKM, membuka Bimtek tersebut dan meminta agar peserta yakni para pimpinan perangkat daerah untuk mengikuti bimtek tersebut dengan baik dan maksimal.

“Mewujudkan penerapan smart city termasuk dalam salah satu misi Pemko Sawahlunto. Karena itu menjadi kewajiban kita bersama dalam mendukung dan mensukseskannya,” kata Sekda Ambun Kadri.

Sementara, Tenaga Ahli Smart City dari Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI, Agus Tri Cahyono, mengatakan bahwa kegiatan pendampingan kepada daerah dalam penyusunan master plan kota cerdas merupakan upaya menciptakan integrasi, sinkronisasi, dan sinergi antara perencanaan pengembangan Smart City di tingkat pusat dan daerah.

Dijelaskan Agus, dalam Bimtek tersebut dibagi dalam enam kelompok smart city, yaitu smart economy, smart mobility, smart environment, smart people, smart living dan smart governance.

Bimtek tersebut turut didukung oleh Muhamad Irfan Yudistira, S.ST (Asisten Tenaga Ahli Smart City Kemkominfo), Muhammad Ilham Nur Ikhsan Rintaka, S.A.P, MPA (Asisten Tenaga Ahli Smart City Kemkominfo), Pipit Aryani Sani, S.Sos (Kemkominfo), Prof. Ikhwana Elfitri, ST, MT, Ph.D (Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas Padang), dan Perwakilan Kepala Diskominfotik Provinsi Sumbar. (*)

Facebook Comments

BACA JUGA  Peserta Penas Petani dan Nelayan XVI Kunjungi Kebun Buah Kandi Pelajari Pemanfaatan Lahan Bekas Tambang
- Advertisement -
- Advertisement -