Pendakian ke Gunung Merapi Ditutup Jelang 17 Agustus

Pendakian ke Gunung Merapi Ditutup Jelang 17 Agustus
Gunung Merapi dilihat dari Koto Baru Kec. X Koto Tanah Datar. foto : Inyiak Hendri
SuhaNews. Jalur pendakian ke Gunung Merapi yang terletak di Kabupaten Tanah Datar dan Agam, ditutup menjelang 17 Agustus 2021.

Penutupan ini dilakukan oleh BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Sumbar sebagai upaya mencegah kerumunan yang ditimbulkan dari aktivitas pendakian pecinta alam, yang biasa melakukan peringatan HUTRI saat mendaki gunung.

Penutupan ini disamapaikan oleh BKSDA Sumbar melalui Pengumuman Nomor: PG.1319/K.9/TU/KSA/8/2021 Tentang Penutupan ODTWA, termasuk objek pendakian di Taman Wisata Alam Gunung Marapi di Kabupaten Agam, dan Kabupaten Tanah Datar untuk Kegiatan 17 Agustus Tahun 2021.

Kepala BKSDA Sumbar, Ardi Andono, S.TP., M.Sc, di Padang, Sabtu (14/8/2021), menyebut, penutupan ini guna memperhatikan arahan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan (PPKM) Level 4 sampai dengan tanggal 23 Agustus 2021 dalam upaya pencegahan terhadap penularan Covid-19. Juga, Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 32 Tahun 2021 Tentang PPKM Level 3, 2, dan 1 serta Mengoptimalkan Posko Penananganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Keluarahan untuk Pengendalian Covid-19.

Tak hanya itu, hal ini juga sebagai Tindak lanjut Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam Rangka Pencegahan dan pengendalian Penyebaran Covid-19, bersama ini disampaikan hal-hal sebagai berikut; BKSDA Sumbar menutup semua ODTWA yang berada di Kawasan Suaka Margasatwa, dan Taman Wisata Alam yang ada untuk kegiatan wisata alam, pendakian, wisata petualangan, dan lain-lain termasuk untuk kegiatan pendakian dalam memperingati 17 Agustus 2021.

Penutupan berlaku sampai dengan waktu yang akan ditentukan lebih lanjut sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Moentjak|Berita Minang

Berita Terkait :

Facebook Comments

BACA JUGA  Warga Dilam Kec. Bukit Sundi Ditangkap Karena Narkoba
loading...
Artikel sebelumyaMTsS Koto Anau Sambut 1 Muharam dengan Aneka Lomba
Artikel berikutnyaGusman Piliang Matangkan RB dan ZI di Kemenag Kab.Pasaman