Pengabdian Masyarakat Dosen UNAND, Lirik BUMNag Labuah Panjang

Pengabdian Masyarakat Dosen UNAND, Lirik BUMNag Labuah Panjang
Solok, SuhaNews. Pengabdian masarakat Dosen Universitas Andalas (UNAND) sebagai wujud dari TriDharma Perguruan Tinggi, melirik pada badan usaha milik nagari (BUMNag) Labuah Panjang kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok.

Dosen Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Andalas jurusan Administrasi Publik Universitas Andalas menggelar acara bertajuk “Sosialisasi Analisis Potensi Pengembangan Badan Usaha Nagari di Nagari Labuah Panjang Kec. X Koto Diatas Kab.Solok” berlangsung pada Kamis (26/8) yang lalu.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pemerintah Nagari termasuk Badan Perwakilan nagari serta tokoh masyarakat dari berbagai unsur dan dosen-dosen jurusan administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Andalas.

Penanggung jawab kegiatan, Dr.Ria Ariany, M.Si menyebutkan, untuk narasumber, panitia menghadirkan Drs Suyanto Soeradi, tenaga ahli bidang kelembagaan dan kerjasama Desa / Pengembangan kapasitas aparatur desa Direktorat Jendral Bina Pemerintahan Desa Kemeterian Dalam Negeri secara daring.

Ketua Jurusan Administrasi Publik Dr.Hendri Koeswara,M.Soc.sc yang membuka acara menyampaikan, bahwa kegiatan ini adalah wujud dati Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian pada masyarakat.

“Kita berharap badan usaha milik nagari dapat dikelola dengan baik oleh manajamen yang profesional. Selain berfikir bisnis juga memberikan manfaat dan keuntungan pada nagari dan masyarakat. Untuk itu kita undang pakar dari Kementerian Dalam Nagari,” jelas Hendri Koewara.

Hendri juga menyampaikan salah satu sasaran kegiatan ini, nantinya badan usaha milik nagari dapat menjadi penopang anggaran pendapatan dan belanja nagari serta keberadaannya bermanfaat untuk masyarakat.

Wali Nagari Labuah Panjang yang diwaliki sekretaris, Maslim, S.Pd menyambut baik dan mengucapkan terima kasih pada dosen Unand yang telah menggelar kegiatan ini.

Maslim mengatakan, saat ini nagari Labuah Panjang tengah dalam proses pembentukan badan usaha milik nagari. Sehingga kegiatan sangat bermanfaat bagi pengelolaan BUMNAg nantinya.

BACA JUGA  Meriahnya HUT ke 76 RI di SMPN 5 Lembang Jaya

“Lembaga BUMNag sudah terbentuk begitu juga dengan kepengurusan, namun kita masih mempertimbangkan usaha yang akan dikembangkan,” jelas Maslim

Pada kegiatan ini narasumber memberikan banyak paparan mulai dari teknis pendirian bumdes sampai pada uji kelayakan jenis usaha Bumnag yang dapat dijadikan sebagai unit usaha Bumnag nantinya dengan berbasis pada potensi yang dimiliki oleh nagari Labuah Panjang. Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaPemko Pariaman dan Kejaksaan Negeri Pariaman Lakukan Kesepakatan Bersama
Artikel berikutnyaAkselerasi Program Vaksinasi untuk Masyarakat Rentan dari Pertamina Foundation dan Universitas Pertamina