Tanjung Raya, SuhaNews – Dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran, Kepala MTsN 11 Agam Ali Mutasar, M.Pd melakukan supervisi dan tindak lanjut di Madrasah setempat, Sabtu (11/11).
Ali Mutasar Menyampaikan Kegiatan Supervisi dimulai dalam beberapa tahap, Pertama Perencanan (Prasupervisi) ini bertujuan untuk menjalin keakraban dan jembatan hati antara guru dan supervisor sehingga tidak merasa takut untuk disupervisi, Kedua Pelaksanaan (Supervisi) Ketiga, Evaluasi (Pascasupervisi) dan Terakhir indak lanjut.
Baca juga: Kemenag Kota Bukittinggi gelar Supervisi Pembelajaran Kepala Madrasah
Kepala MTsN 11 Agam Melaksanakan Proses Supervisi kepada Wasilurrahmi, S.Pd Guru Budaya Alam Minangkabau (BAM) di Kelas IX.C, sebelumnya pada Kamis(9/11) sudah dilaksanakan tahapan Perencanaan dan hari ini, Sabtu (11/11) Tahapan Supervisi dan tindak lanjut, ujar Ali Mutasar.

Ali Mutasar menyampaikan guru MTsN 11 Agam sangat semangat menjalankan program supervisi kelas. Hal Ini terbukti dengan banyaknya guru yang sudah siap untuk dilakukan supervisi kelas. “Alhamdulillah berkat kerjasama yang luar biasa oleh tenaga pendidik MTsN 11 Agam”.
Ali Mutasar menjelaskan bahwa tujuan supervisi yaitu: Pertama Membina guru untuk lebih memahami tujuan pendidikan, serta membantu peranan sekolah mencapai tujuan tersebut.
Kedua, Meningkatkan kesanggupan guru untuk mempersiapkan peserta didik, menjadi anggota masyarakat yang efektif, Membantu guru mengadakan diagnosis dengan kritis, serta dalam kesulitan mengajar peserta didik.
Ketiga, Meningkatkan kesadaran guru dan warga sekolah tentang tata kerja yang demokratis dan kooperatif, Membantu guru untuk bisa mengevaluasi aktivitasnya, untuk tujuan aktivitas perkembangan peserta didik.
Keempat, mengembangkan ‘esprit de corps’ guru, yang menjadi rasa kesatuan dan persatuan antar guru-guru. Meningkatkan komunikasi dan saling mengawasi di dalam suatu manajemen.

Ditambahkan Ali Mutasar Manfaat Supervisi itu sendiri yaitu Meningkatkan mutu pendidikan, yang dilakukan melalui kerjasama antara guru, peserta didik, hingga warga sekolah.
Supervisi menjadi penggerak terjadinya perubahan pada unsur-unsur terkait pendidikan agar lebih efektif, Meningkatkan kemampuan guru dalam hal memimpin serta membimbing peserta didik, tutupnya. Rahmat
Facebook Comments