Peringati Perang Manggopoh ke-116 Tahun Pemkab Agam Gelar Apel Kehormatan Dan Renungan Suci

Manggopoh, SuhaNews – Memperingati Perang Manggopoh ke-116 tahun, Pemerintah Kabupaten Agam gelar apel kehormatan dan renungan suci, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Siti Manggopoh, Jumat (14/6) Malam.

Apel ini dipimpin Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Agam, Burhan, dan dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Drs Edi Busti MSI, Forkopimda, Kepala OPD, dan lainnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Perang Manggopoh ke-116 tahun.

Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Drs. Edi Busti, M.Si mengatakan, apel renungan suci ini bertujuan untuk memberikan penghormatan kepada para pahlawan Perang Mangopoh yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan.

“Alhamdulillah, meskipun awalnya hujan pelaksanaan apel kehormatan dan renungan suci ini berjalan dengan lancar dan khidmat,” ujarnya.

Peringati
Makam Pahlawan Manggopoh

Dikatakan, peringatan Perang Manggopoh ini diperingati setiap tanggal 15 Juni, dan di tahun 2024 ini merupakan peringatan Perang Manggopoh yang ke-116.

“Setiap tanggal 15 Juni, selain memperingati Perang Mangopoh, kita juga memperingati peristiwa Perang Kamang, karena waktu peristiwa Perang Manggopoh dan Perang Kamang terjadi secara bersamaan” ujarnya.

Ia berharap, peringatan Perang Mangopoh dan Perang Kamang ini dapat membangkitkan semangat bagi para generasi muda untuk membangun dan memajukan daerah, khususnya Kabupaten Agam, dengan mempelajari nilai-nilai juang para pahlawan terdahulu.

Kegiatan apel kehormatan dan renungan suci ini ditutup dengan peletakan karangan bunga dan tabur bunga di setiap makam para pahlawan yang ada di TMP Siti Manggopoh. AMC/Hari

Baca Juga :

Facebook Comments

BACA JUGA  Tidak ber-KTP Padang Jadi Polemik di Check Point Perbatasan
- Advertisement -
- Advertisement -