KAN Manggopoh Lewakan Gala Dt. Indomarajo Suku Mandailiang

KAN Manggopoh Lewakan Gala Dt. Indomarajo Suku Mandailiang
Manggopoh, SuhaNews – Lembaga Kerapatan Adat Nagari (KAN) Manggopoh kabupaten Agam menggelar Batagak penghulu, malewakan gelar Datuak Indomarajo, dalam Kaum Suku Mandailiang (Melayu), Nagari Manggopoh, di Sago Manggopoh, Sabtu (22/10).

Astoni Abbas Dt. Indomarajo yang memangku Gelar Datuak Indomarajo di Sago Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung.

Berdasarkan hasil musyawarah Ninik Mamak berserta pengurus lembaga kerapatan Adat Nagari Manggopoh, maka menyetujui peresmian Malewakan gelar Adat dalam payung Dt, Indomarajo.

Kegiatan Baralek gadang yang diadakan di Sago Manggopoh, siang itu Berjalan sukses dan lancar, rombongan Ninik Mamak diarak dengan tambua dan tari galombang.

Turut hadir dalam acara tersebut Datuak Mandailiang Sumatera Barat Dt. Rajo Nan Gadang, Ketua KAN Manggopoh H. AR. Dt. Rajo Mudo, Niniak Mamak senagari Mangopoh, Walinagari Manggopoh, Jorong Se Kanagarian Manggopoh, Imam Khatib, Cadiak Pandai, Pusako, Bundo kanduang Dan seluruh undangan.

Rangkaian acara ditandai dengan Pasambahan Adat, pemasangan Saluak dan keris. Ketua KAN Nagari Manggopoh menyerahkan kepada pusako Kaum dan pusako tersebut langsung Memasangkan kepada Dt, Indomarajo .Sedangkan Pidato Adat dibacakan oleh N. Dt. Ganto Suaro

Dalam sambutan nya. Ketua KAN Nagari Manggopoh H. AR. Dt. Rajo Mudo menyebutkan, setiap kaum dan anak kemenakan menunjuk penghulu untuk memimpin kaum. Berdasarkan musyawarah dan mufakat dimana tugas penghulu adalah untuk memimpin kaum dan Nagari, membimbing anak kemenakannya kearah yang lebih baik. Sebelum Dilewakan Membawa gelar Dt. Indo Marajo,

Astoni Abbas Sudah lama mengurus sanak kemenakannya, Sekarang Astoni Abbas Sudah Sah Membawa gelar Dt, Indomarajo, Ninik Mamak Basa Nan barampek, Kaum Suku Mandailiang di Nagari Manggopoh.

“Basuluah Mato hari Bagalanggang Mato rang Banyak tagak lah samo tinggi, Duduak lah samo Randah dengan Ninik Mamak Nagari Manggopoh,tugas dan kewajiban penghulu kok kusuik untuak manyalasaikan, karuah untuak mampajaniah,” ungkap Ketua KAN.

BACA JUGA  Angin Kencang, Sejumlah SMP di Kabupaten Solok Rusak

Saat dikonfirmasi, Astoni Abbas Dt.Indimarajo Berserta Anak kemenakan mengucapkan, terima kasih atas Bantuan dan kerja sama semua pihak yang telah mensukseskan acara malewakan gala Dt, Indomarajo ini. Sehingga acara “Baralek gadang” tersebut berjalan sukses dan lancar mulai dari awal sampai akhkir,” uajarnya.
Beliau berpesan

“Jangan kita terpancing oleh isu-isu memecah oleh orang-orang yang tidak berkepentingan di Kaum kita ini. mari kita perkuat tali silahturahmi Menuju Nagari Manggopoh Bersatu dan sejahtera,” pungkasnya.

Selesai acara Malewakan gelar Adat. Payung Dt. Indomarajo seluruh undangan yang hadir dijamu dengan makan bajamba. Dan ditutup dengan doa Bersama. Rahmat

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...