Bupati Agam Buka MTQ Nasional VII Nagari Manggopoh

agam
Sekda Agam buka MTQ Nagari Manggopoh
Lubuk Basung, SuhaNews – Bupati Agam diwakili Sekdakab Agam, Edi Busti membuka MTQ VII tingkat Nagari Manggopoh, di Jorong Batu Hampar, Jumat (5/8).

“Al-Qur’an adalah pedoman bagi umat muslim dalam menjalani kehidupan baik di dunia maupun akhirat,” ujar Sekdakab Agam, Edi.

Baca juga: Bupati Solok Buka MTQ Nasional tingkat Kecamatan Danau Kembar

Hal ini, jelas Edi Busti, tergantung bagaimana kita memahami, menghayati dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Melalui MTQ ini, bagaimana kita bisa membumikan nilai Al-Qur’an di tengah masyarakat, supaya dapat membangun generasi muda yang berkarakter, beriman dan bertaqwa,” sebutnya.

Untuk mewujudkan hal ini, tambah Sekda, Pemkab Agam mendorong pembentukan rumah tahfiz di nagari, sebagai komitmen bagaimana kehidupan masyarakat jadi lebih baik yang berlandaskan Al-Qur’an.

Sebab katanya, kegiatan keagamaan butuh dukungan semua pihak, tidak hanya pemerintah tapi juga menjadi tanggungjawab umat.

Dengan begitu, kepada kafilah ia berharap agar dapat mengikuti MTQ ini dengan penuh suka cita, serta menghayati setiap kegiatan yang dilaksanakan dengan baik.

“Kepada dewan hakim kita juga berharap berikan penilaian secara objektif, dalam rangka membina dan menumbuhkembangkan semangat lomba bagi peserta,” ucapnya.

Sementara itu, Wali Nagari Manggopoh, Ridwan Dt Tumbijo mengatakan, MTQ ini agenda tahunan di Manggopoh, yang tuan rumahnya digilir setiap jorong.

“Tahun ini ditetapkan di Jorong Batu Hampar, melombakan 5 cabang perlombaan dengan kategori anak-anak dan remaja,” terangnya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini rutin dilaksanakan dalam rangka mengevaluasi kemampuan anak-anak selama belajar di TPA/MDA dan pondok Al-Qur’an.

“Setiap tahun kualitas kemampuan anak-anak kita cukup bagus, yang dibuktikan banyak mewakili kafilah kecamatan mengikuti MTQ kabupaten,” ujarnya mengakui.

Dengan begitu, ia berharap kafilah dapat menampilkan kemampuannya di ajang MTQ tingkat nagari yang digelar selama tiga hari itu. (AMC)

BACA JUGA  DPS Sawahlunto 46.837, Golkar Minta Telusuri yang Belum Terdaftar

Baca juga: Audy Targetkan Sumbar Raih Tiga Besar di MTQ Nasional XXIX Kalsel

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakWagub Audy Buka Rakor Ketenagakerjaan, Transformasi Digital Hadirkan Lebih dari 10 Ribu Pekerjaan Baru
Artikulli tjetërTekan Angka Stunting, Ketua TP PKK Agam Buka Rapat Koordinasi Lintas Sektor