Pertemuan Rutin PAI Bukittinggi Bahas Istinja’

Bukittinggi, SuhaNews. Senin, 24 Februari 2020 Pertemuan rutin Pokjaluh Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi bertempat di Kantor Urusan Agama Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh.

Dalam pertemuan kali ini membahas tentang materi Bimbingan dan Penyuluhan Istinjak yang disampaikan oleh Melidawati, S. Ag sebagai pemateri dan H. Azerul .S.Ag sebagai Moderator dengan di hadiri seluruh anggota pokjaluh Kota Bukittinggi yang berjumlah 13 orang.

Ketua Pokjaluh Kantor Kementerian Agama kota Bukittinggi menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sesuai kesepakatan bersama anggota tentang jadwal pertemuan Pokjaluh tahun pada 2020 dengan maksud untuk meningkatkan pemahaman anggota terhadap materi yang akan di sampaikan ke peserta binaan masing-masing.

“Pertemuan ini selain untuk meningkatkan pemahaman terkait tupoksi juga dalam rangka menjaga kekompakan antara penyuluh agama Islam khususnya di Kota Bukittinggi. Untuk menghadapi tantangan dakwah yang semakin hari semakin berkembang lebih-lebih di era digital ini, dalam pertemuan rutin tersebut selain membahas materi terkait program kerja pokjaluh tahun 2020 juga dilakukan evaluasi program kerja yang sudah dilakukan untuk menganalisa kendala-kendala yang dihadapi pada masing-masing lokasi binaan untuk kemudian dicarikan solusi terbaik,” tuturnya.

Melindawati, S. Ag pada kesempatan tersebut memaparkan bagaimana tata cara Istinja’ yang benar menurut syariat islam. Kebanyakan orang tidak menyadari akan pentingnya bagaimana cara mencuci kemaluannya (berinstinja’) dengan benar, bahkan terkesan menyepelekannya dan tidak mengetahui akan azab yang akan diterima di akhirat kelak karena beristinja’ yang salah.

“Istinjak adalah menyucikan najis dari tempat keluarnya dari qubul atau dubur (Jalan hadapan atau jalan belakang) dengan batu atau air,” paparnya.

Dalam pertemuan tersebut belangsung tanya jawab dan sharing terkait materi yang disampaikan dan selanjutnya pertemuan ditutup dengan berbagai informasi dari ketua Pokjaluh Kota Bukittinggi Rusman Edi.

Reporter : Edi | Yal editor : Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...