Perusahaan dan Yayasan Bantu Pemko Padang Tangani Dampak Pandemi

perusahaan
SuhaNews – Sebanyak empat perusahaan dan satu Yayasan memberikan dukungan melalui program corporate social responsibility (CSR)-nya untuk  penanggulangan pandemi Covid-19 di Kota Padang, Jumat (30/7/2021),
Perusaan itu yakni PT Pegadaian (Persero) Area Padang, PT Wira Inno Mas, serta PT Padang Raya Cakrawala (Apical Group) dan PT Wilmar Nabati Indonesia, dan Yayasan Dar El-Iman memalui program wakaf produktifnya.

Bantuan berupa sembako tersebut diserahkan kepada Pemerintah Kota (Pemko) Padang guna disalurkan kepada para keluarga miskin di Kota Padang yang sangat membutuhkan bantuan saat ini.

Prosesi penyerahan bantuan itu pun dilakukan serentak di Gedung Putih Rumah Dinas Wali Kota Padang. Wali Kota Padang Hendri Septa menerimanya secara simbolis dari empat pimpinan perusahaan dan satu Yayasan tersebut.

Diantaranya adalah yakni Deputi Bisnis Area Sumbar PT Pegadaian Januardi, lalu Human Resources General Affair PT Wira Inno Mas Gunawan Ginting, GM PT Padang Raya Cakrawala Julianus Tarigan serta GM PT Wilmar Nabati Indonesia Unit Padang Hairun, dan Ketua Yayasan Dar – El Iman M.Elvi Syam, Lc, MA.

Seperti diketahui, terkait bantuan yang diserahkan, PT Pegadaian (Persero) Area Padang menyerahkan bantuan berupa beras sebanyak 2.000 kg disertai gula 208 kg. Selanjutnya PT Padang Raya Cakrawala menyerahkan bantuan sebanyak 1 Ton beras yang dipaketkan per paketnya sebanyak 5 kg.

Begitu juga PT Wilmar Nabati yakni menyerahkan bantuan berupa 1.000 kg beras serta PT Wira Inno Mas juga sebanyak 1.000 kg beras yang dikemas menjadi 200 karung berisikan per karungnya seberat 5 kg, dan Yayasan Dar-El Iman menyerahkan 1 Ton Beras.

Usai serah terima bantuan, Wali Kota Padang Hendri Septa pun tak mampu menahan rasa syukurnya kepada Allah Swt.

BACA JUGA  Rencana Integrasi ASEAN Terpengaruhi Pandemi Covid-19

Atas nama Pemerintah Kota Padang, orang nomor satu di Kota Padang itu mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak atau perusahaan yang ikut membantu Pemko Padang. Dalam hal ini meringankan beban warga akibat pandemi Covid-19 serta dampak kebijakan PPKM Level 4 yang diberlakukan hampir sebulan tersebut.

“Terima kasih kepada bapak ibu pimpinan dari empat perusahaan dan 1 Yayasan yang telah bersinergi memberikan bantuan sosialnya hari ini. Semoga menjadi amal ibadah dan menjadi pintu kesuksesan bagi kita semua,” imbuhnya.

Wako Hendri pun menceritakan terkait kondisi dan upaya pemberian bantuan sosial yang telah dan akan diupayakan pihaknya.

“Kita telah memulai upaya pemberian bantuan sosial sejak masa awal penerapan PPKM tepat pada 8 Juli 2021 lalu. Saat itu kita mulai mengumpulkan beberapa lembaga sosial (charity) seperti Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Barat (Sumbar), Baznas Kota Padang, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa dan lain-lainnya. Alhasil, terkumpullah 26 Ton beras yang dipaketkan per satu paketnya yakni 10 kg. Dari 26 Ton beras lalu dipaketkan menjadi 2.600 paket. Alhamdulillah, untuk bantuan ini telah kita salurkan melalui per kecamatan, dan saat ini masih ada yang tersisa sebanyak 600 paket lagi. Insya Allah akan kita bagikan dalam waktu dekat,” terangnya.

Hendri Septa menyebutkan, seiring penerapan PPKM yang telah berjalan hampir sebulan, pihaknya pun sudah mulai menghitung dan mendata warga Padang yang terdampak, diprioritaskan bagi para keluarga-keluarga yang kurang mampu.

“Kita tahu semua warga Padang pasti terdampak, tapi kita prioritaskan terlebih dahulu bagi keluarga-keluarga yang kurang mampu dan yang paling layak sekali diberikan bantuan. Setelah kita hitung terdapat sekitar 60 ribu lebih Kartu Keluarga (KK) miskin di kota ini yang akan dibantu,” ungkapnya.

BACA JUGA  Perdana, Pemko Padang Isi Jabatan Pranata Humas

Rinciannya, wali kota muda itu menjelaskan, yaitu sebanyak18.560 KK berasal dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) serta 17.352 lagi KPM dari Program Keluarga Harapan (PKH) bantuan Kementerian Sosial.

“Sementara sisanya lagi yakni 30.654 KK itulah yang kita upayakan melalui bantuan donatur-donatur baik dari lembaga charity, BUMN serta beberapa perusahaan dan pihak lainnya. Alhamdulillah kita bersyukur hari ini secara bersamaan empat perusahaan melihatkan dukungannya,” ungkapnya.

Wako mengakui, sebelum ini pihaknya telah menerima bantuan dari beberapa lembaga sosial, organisasi, perusahaan dan perorangan. Bantuan tersebut sengaja dikumpulkan dulu, dab setelah terkumpul sesuai target yang ditentukan baru dibagikan dalam beberapa hari ke depan.

“Bantuan ini insya Allah akan kita bagikan kepada warga Padang yang paling terdampak secara ekonomi dengan 1 KK menerima per paketnya 10 kg beras,” sambungnya.

Lebih lanjut wali kota milenial itu mengatakan tetap mencarikan solusi bagi warga Kota Padang lainnya yang nantinya belum menerima bantuan, meski layak menerimanya.

“Kita masih membuka penerimaan bantuan dari pihak-pihak lainnya baik Perbankan, BUMN/BUMD, perusahaan swasta termasuk anggota DPR. Maka itu kepada warga Kota Padang mari kita bersabar di samping berikhtiar dan menjaga imun tubuh agar terhindar dari penularan Covid-19 ini,” pungkas Wako Hendri Septa mengakhiri.

Juga hadir mendampingi wali kota saat itu diantaranya Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, Kepala Dinas Sosial Afriadi, Kepala DPMPTSP Corri Saidan dan Kabag Perekonomian dan SDM Syahendri Barkah. Rel

Berita terkait:

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaPeringatan Hari Bela Negara 2021, Momentum Jaga Keutuhan NKRI
Artikel berikutnyaOta Lapau, Pancarian Padiah Kawan Manjauah