Piala AFF U-19: Bermain Imbang dengan Thailand, Indonesia ke Posisi Empat

dengan
SuhaNews – Timnas Indonesia U-19 tergusur ke posisi keempat klasemen sementara, usai bermain 0-0 dengan Rhailnad. Peluang Indonesia kiat berat untuk melangkah ke babak semifinal karena harus menyapu bersih dua pertandingan sisa dengan kemenangan den berharap Thailand dan/ayau Vietnam tergelincir pada sisa pertandingan. 

Pertemuan Indonesia vs Thailand berlangsung di Stadion Patriot, Bekasi, Rabu (6/7/2022) malam WIB. Pertandingan berjalan seru dan menarik, kedua memiliki peluang untuk mencetak gol,  namun tidan ada yang sampai membobol gawang lawan.

Baca juga: Final Piala AFF: Indonesia Dicukur Thailand 4 Gol

Hasil imbang ini, membuat Indonesia melorot ke posisi keempat dengan lima poin, di bawah Myanmar yang ada pada urutan ketiga dengan enam angka. Thailand di posisi kedua dengan tujuh poin, cuma kalah selisih gol dari Vietnam selaku pemuncak klasemen.

Peluang Indonesia untuk ke semifinal masih ada dengan catatan harus menang melawan Myanmar di laga pamungkas. Di sisi lain, Vietnam akan saling bunuh dengan Thailand dan hasil imbang bisa menguntungkan Garuda Nusantara karena unggul selisih gol atas pasukan Salvador Valero Garcia.

Jalannya Pertandingan

Peluang emas didapatkan Indonesia pada menit ke-10. Ronaldo Kwateh mengangkat bola untuk melewati kepala kiper dan bola memantul lebih dulu saat mendekati mulut gawang, namun Ronaldo gagal menyambar setelah kiper Narongsak Naengwongsa mampu meninju bola keluar lapangan.

Sampai laga berjalan 15 menit, Indonesia masih terlihat lebih unggul dalam mengambil alih permainan. Thailand sejauh ini masih sulit untuk melepaskan tembakan ke gawang Cahya Supriadi.

Sebuah kesalahan dibuat barisan pertahanan Indonesia pada menit ke-18. Thawatchai Inprakhon kemudian mendapatkan bola liar di depan kotak penalti dan melepaskan tembakan, namun arahnya masih tipis menyamping di sisi kanan gawang Cahya.

BACA JUGA  Kemenag Pasaman Terima Hibah Tanah untuk 5 KUA Kecamatan

Ferdiansyah Cecep Surya mendapatkan bola di kotak penalti Thailand pada menit ke-23. Meski dalam posisi diapit pemain lawan, dia bisa melepaskan tembakan. Namun, arah bola masih menyamping dari target.

Sebuah kemelut terjadi di kotak penalti Thailand pada menit ke-31. Di momen ini, Indonesia gagal memanfaatkan peluang dengan baik.

Marselino Ferdinan harus ditarik keluar lapangan di akhir babak pertama. Dia mengalami cedera dan digantikan oleh Ferarri. Skor 0-0 juga bertahan sampai turun minum.

Sama seperti awal babak pertama, Indonesia langsung menyerang saat babak kedua dimulai. Ada sebuah tembakan dari Ronaldo yang meleset dari hasil kemelut sepak pojok.

Thailand mengancam gawang Indonesia di menit ke-57. Kroekphon Arbram berhasil menanduk bola dari hasil sepak pojok, tapi arahnya masih di atas mistar gawang.

Gawang Indonesia terancam di menit ke-63 saat Theekawin Chansri melepaskan tembakan akrobatik. Beruntung bagi skuad Merah-Putih, Cahya masih dengan sigap mampu menepis bola.

Penyelamatan gemilang dibuat Cahya Supriadi pada menit ke-73. Dia mampu membendung bola tembakan pemain Thailand dengan kakinya.

Duel berjalan makin menarik di sisi 10 menit terakhir. Thailand punya peluang emas lagi di menit ke-84 lewat tembakan Seksan Ratree, namun bola yang dilepaskan masih mengarah tepat kepada Cahya.

Tak ada gol sepanjang pertandingan. Indonesia dan Thailand harus puas bermain imbang 0-0.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-19: Cahya Supriadi; Ahmad Rusadi, Marcell Januar Putra, Dimas Juliono Pamungkas, Kakang Rudianto; Mikael Alfredo Tata, Arkhan Fikri, Marselino Ferdinan; Ferdiansyah Cecep Surya, Ronaldo Kwateh, Hokky Caraka.

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan).

Thailand: Narongsak Naengwongsa; Thawatchai Inprakhon, Theekawin Chansri, Chanapach Buaphan, Sittha Booniha; Kakana Khamyok, Winai Aimoat, Thanawat Saipetch, Bukkoree Lemdee; Thanawut Phocai, Phon-ek Maneekorn

BACA JUGA  Tundukkan Schalke 04, Munich ke Semifinal Piala Jerman

Sumber: detik.com

Baca juga: Final Piala AFF: Menang 2-0 atas Vietnam, Thailand Tantang Indonesia

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakH-2 Wukuf di Arafah, 120 Jamaah Haji Indonesia Masih Jalani Perawatan
Artikulli tjetërIni 3 Jurus Jitu Jadi Pemimpin Transformasional Ala Elon Musk