Pilkada Kota Solok, Kejutan Awal dari Reinier-Andri Marant

solok
SOLOK – Menjelang pendaftaran balon (bakal calon) Wali Kota Solok ke KPU, sejumlah kejutan menghiasi pesta demokrasi di Kota Beras ini. Kembalinya Zul Elfian ke pentas politik Kota Solok menjadi kejutan awal usai PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) akibat Pandemi Covid-19.

Belum habis kejutan awal, Partai Gerindra melakukan manuver, alih-alih mengusung Ismael Kota-Edi Candra pada pilkada serentak 9 Desember 2020,  Partai besutan Prabowo ini justru mengalihkan dukungan pada Reinier-Andri Marant.

Bagi pasangan Ismael Kota – Edi Candra, ini tentu sebuah pukulan telak, yang bisa mematikan langkahnya. Sementara bagi pasangan petahana ,Wakil Walikota Solok, Reinier, ST, MM Dt Mangkuto Alam dan calon wakil Walikota Andri Marant Dt Pito Rajo ini sebuah langkah besar yang bisa mengantarnya sebagai pasangan pertama yang bisa melangkah dengan ringan ke KPU.

Selain PKPI, PDI-P, PPP, kini rekomendasi Partai Gerindera pun sudah dikantongi. Sementara Ismael Koto bukan saja harus kehilangan dukungan partai yang dipimpinnya selama ini, jabatan Ketua DPC Partai Gerindra pun dilepas dari tangannya.  Ketua DPT Partai Gerindra Sumbar Andre Rosiade menyerahkan Surat Keputusan DPP Partai Gerindra kepada Ketua DPC Kota Solok yang baru H Dalius Rajo Intan dan Sekretaris Yosri Martin dan Bendahara Harizal.

Perburuan partai kian membuat warga Solok Serambi Madinah kian bertanya-tanya, siapakah yang akan mendapatkan rekomendasi DPP berikutnya. Yutris Can- Irman Yefri Adang yang digadang-gadang diusung sudah tiga partai pemenang dalam tiga periode terakhir, Partai Golkar, Demokrat dan PAN bisa jadi mengalami nasib yang sama dengan Ismael Koto, atau mengikuti langkah Reinier- Andri Maran.

Peta politik di Kota Solok sangat dinamis dan penuh retorika. Banyak langkah partai yang tidak terduga. Bola liar di lapangan licin membuat pergerakan setiap partai sulit ditebak. Sementara waktu kian sempit. Tinggal empat bulan menjelang warga memberikan suaranya, para pemilih belum mendapatkan kepastian, siapakah calon pemimpin Kota Solok lima tahun ke depan.

Perjuangan berat harus dilalui Ismael Koto dan balon petahana Zul Elfian. Ismael Koto baru saja kehilangan dua kursi yang menjadi modal awalnya di Partai Gerindra. Belum jelas partai manakah yang akan dibidik oleh mantan birokrat ini. Sementara balon petahana Zul Elfian, yang bakal diusung Partai NasDem bukan saja harus berjuang  mendapatkan partai koalisi, juga membidik pasangan yang akan mendampinginya sebagai Wakil Wali Kota.

Akankah dukungan Partai Golkar pecah karena, ada hembusan angin politik jika Zul Elfian akan menggandeng kader Partai Golkar dipilkada serentak 2020 ini. Jika ini benar-benar terjadi, maka suara Golkar akan terbagi kepada Yutris Can dan Zul Elfian.

Tentu saja, suksesi kepemimpinan di Kota Solok kian menarik dinantikan. Apalagi Kedua balon Wali Kota Solok ini adalah petahana dan menjadi orang nomor satu di posisi masing-masing. Yutris Can memimpin DPRD dalam tiga periode terakhir, sementara Zul Elfian sedang menguasai BA 1 P.

Waktu memang masih ada, tetapi kian sempit. Namun politik adalah bola liar yang bergulir di lapangan licin, ia bisa menggelinding tak terduga, bahkan bisa menjebol pertahanan sendiri.

Warga Kota Solok masih harus bersabar menuggu kejutan berikutnya. Untuk saat ini, pasangan Reinier- Andri Maran tentu bisa tersenyum lega, rekomendasi empat partai sudah dikantongi. Sementara Yutris Can- Irman Yefri Adang masih harus menunggu kepastian tiga partai besar yang sudah didekati selama ini.

Ismael Koto-Edi Candra yang sudah memproklamirkan diri bergandengan tangan maju pada pilkada serentak 9 Desember 2020 juga harus menyusun langkah baru untuk tetap bisa bersaing dengan balon lainnya. Begitu juga dengan Zul Elfian, membutuhkan perjuangan berat untuk mendapatkan dukungan partai.

Jalan masih terbentang panjang, pintu masih terbuka. Setiap balon boleh mengetuk pintu partai.  Bertamulah, ketika tuan rumah berkenan, maka setiap tamu akan diterima. Namun hanya ada satu tamu yang istimewa. Wewe

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...