Piloting Kampung Inggris, Nagari Manggopoh Juga Kembangkan Bahasa Arab

Lubuk Basung, SuhaNews – Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam menjadi piloting Kampung Inggris, sekarang juga mulai merintis pengembangan Bahasa Arab bagi generasi muda di nagari itu.

“Tahun ini kita akan kembangkan satu bahasa asing lagi yaitu bahasa Arab,” ujar Sekretaris Nagari Manggopoh, Sri Martini, Sabtu (28/1).

Baca juga: Bupati Agam Meresmikan Program Kampung Inggris di Nagari Gadut

Pengembangan bahasa Arab ini katanya, usulan dari MUI nagari dan kecamatan. Ini sudah dianggarkan, tinggal lagi pembahasan konsep bahan ajar.

“Gurunya kita upayakan dari pondok pesantren. Pelaksanaannya nanti dipusatkan di perpustakaan nagari,” katanya yang juga pengelola Perpustakaan Nagari Manggopoh.

Dikatakan, ini yang kedua dikembangkan di Manggopoh setelah bahasa Inggris, dalam menyikapi perkembangan zaman.

Apalagi katanya, pengembangan bahasa Arab dapat memperdalam pengetahuan generasi terhadap agama Islam, sehingga sangat mendukung pada gerakan Nagari Madani di Kabupaten Agam.

“Bahasa Arab ini sasarannya pelajar SD dan SMP, dengan jumlah 20 orang. Program ini dimulai sekitar pertengahan tahun,” ujarnya.

Nagari Manggopoh merupakan salah satu piloting bahasa Inggris di Kabupaten Agam. Dengan begitu, diharapkannya nanti juga menjadi piloting bahasa Arab di daerah itu. (Andri/Amc)

Baca juga: Kampung Inggris dan Tamyis Berakhir, Siswa SMAN 2 Sumbar Unjuk Kebolehan

Facebook Comments

BACA JUGA  Guru dan siswa MAN 1 Bukittinggi Wakili Sumatera Barat Dalam Ajang Gusi Bersi Bahasa Arab Tingkat Nasional
- Advertisement -
- Advertisement -