PLN Sumbar Dukung Pengembangan Agrowisata Batu Patah Payo

Solok, SuhaNews – PT. PLN Sumatera Barat menyalurkan bantuan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada Agrowisata Batu Patah Payo, Kota Solok senilai Rp300 Juta.

Bantuan TJSL PLN ini diserahkan oleh Genenal Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho kepada Koperasi Solok Serambi Madinah sebagai pengelola Agrowisata Batu Patah Payo, Rabu (21/6).

Baca juga: 17 Juta Donasi Untuk Mencabut Paku di Kepala Rehan

Bantuan dimanfaatkan untuk pembuatan gapura, gazebo, sudut swaphoto, taman-taman, hingga perluasan budidaya bunga krisan.

Dukungan Perusahaan Listrik Negara terhadap pengembangan Agrowisata Batu Payo mendapat apresiasi dari Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar yang turut hadir dalam acara penyerahan TJSL PLN tersebut.

Wako Solok sangat berterima kasih kepada PLN yang telah memberikan bantuan untuk pengembangan Agrowisata Batu Patah Payo secara konsisten setiap tahunnya.

‘’Pemkot Solok mengapresiasi PLN, karena di tengah tugas pokoknya mengurus kelistrikan di seluruh penjuru negeri, PLN juga hadir mendukung sektor pariwisata di Kota Solok. Semoga bantuan ini berdampak positif pada perekonomian masyarakat sekitar,” tutur Zul Elfian Umar.

Genenal Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho mengatakan, Program TJSL merupakan wujud komitmen PLN hadir di tengah masyarakat di luar inti bisnisnya. TJSL juga merupakan wujud sumbangsih perusahaan terhadap prinsip Sustainable Development Goals (SDGs) dalam hal meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Bantuan kali ini merupakan bantuan tahap ketiga yang PLN berikan kepada Kawasan Agrowisata Payo ini, setelah sebelumnya kami juga menyerahkan TJSL senilai Rp55 juta pada tahun 2021 dan Rp140 juta pada tahun 2022. Mudah-mudahan bantuan yang terus-menerus ini dapat dimanfaatkan secara optimal sekaligus berefek positif bagi peningkatan kualitas objek Agrowisata Batu Patah Payo,” jelasnya.

BACA JUGA  Angin Segar bagi UMKM Kota Solok, Stafsus Menperin Bertemu Walikota

Eric berharap, bantuan dari PLN dan pengelolaan yang tepat dari warga sekitar dapat membuat kawasan wisata ini terus bertransformasi layaknya sebuah wisata edukasi berwawasan lingkungan dan budaya yang membawa peningkatan kesejahteraan ekonomi bagi warga.

Sementara itu, M. Safni, Ketua Koperasi Solok Serambi Madinah mengatakan, pengembangan dari bantuan TJSL PLN berdampak signifikan pada peningkatan kunjungan wisatawan ke Agrowisata Patah Payo.

agrowisata“Pengunjung terus meningkat setiap tahunnya. Dari awal tahun hingga pertengahan tahun ini saja sudah mencapai 24 ribu pengunjung,” ungkapnya.

Bertambahnya pengunjung, kata Safni, bukan hanya menambah pendapatan agrowisata, namun juga membantu perekonomian masyarakat sekitar yang menjajakan dagangannya atau memberikan berbagai layanan jasa.

‘’Terima kasih sekali lagi kepada PLN. Semoga kawasan agrowisata ini dapat terus berkembang dan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat,” tutupnya.

Selain bantuan sarana dan prasarana untuk Agrowisata Batu Patah Payo, PT PLN UID Sumbar juga menyerahkan bantuan beasiswa pendidikan kepada 9 orang warga kurang mampu dengan nilai total Rp15 Juta. (*)

Baca juga: Nikmati Kuliner di Laperpull, ada Kopi Payo Khas Solok dan Aneka Menu Cafe

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -