Pokmaswas Talawi Hilie Jaga Ekosistem Sungai Melalui Lubuk Larangan

talawi
Sawahlunto, SuhaNews – Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menghadiri panen ikan di lubuk larangan sekaligus makan bersama Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas Perikanan Bersama) Dusun Siambalau, Desa Talawi Hilie, Kecamatan Talawi menyelenggarakan, Senin 30 Mei 2022.

Kepala Desa Talawi Hilie Ferdian Irwan mengatakan lubuk larangan kawasan Batu Kudo dan sekitarnya itu telah dilindungi oleh Peraturan Desa (Perdes) untuk menjaga ekosistem sungai.

Baca juga: Walikota Pariaman Buka Acara Mancing Mania Ikan Larangan di Desa Cubadak Air

“Alhamdulillah, dengan komitmen bersama, ikan di sini terjaga dengan baik. Untuk panennya kita lakukan dengan ‘mangayie’  (memancing) bersama masyarakat. Uang dari insert memancing itu digunakan untuk membeli bibit ikandan umbangan untuk pembangunan masjid dan surau,” ujar Ferdian.

Ferdian menyebut dari ‘mangayie’ yang sedang berlangsung elah terkumpul uang sebanyak Rp4 juta.

“Ikan di lubuk larangan ini, jelas Ferdian, pada tahun 2019 lalu disebar bibit ikan nila sebanyak sepuluh ribu ekor dari bantuan Balai Benih Ikan (BBI) Kota Sawahlunto. Pokmaswas Bersama menambahnya secara swadaya dengan membeli bibit ikan mas dan menebarnya di lubuk larangan sepanjang kurang lebih satu kilometer ini.

Kepala Seksi Pengawasan Perikanan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumbar Yuniwel Hendri yang menghadiri panen ikan di Talawi Hilie itu mengatakan pihaknya sedang melakukan survei untuk membantu bibit ikan garing.

“Kita rencanakan tahun ini bantuan untuk sungai ini ada bibit ikan garing, untuk itu tim survei terkait sudah turun meninjau. Untuk tahun berikutnya silahkan dibuatkan proposal untuk Pokmaswas Bersama ini karena ada program dari pemerintah pusat untuk peningkatan fasilitasnya, nanti kita bantu ajukan,” kata Yuniwel.

talawiWali Kota Sawahlunto Deri Asta menyatakan Pemkot berkomitmen mendukung lubuk larangan dan Pokmaswas Bersama Dusun Siambalau melalui kebijakan dan program antara lain membantu bibit ikan dan lainnya.

BACA JUGA  WiME Lakukan Pemberdayaan untuk Warga Tambang Skala Kecil di Sawahlunto

“Kita berharap, dalam upaya meningkatkan kualitas hasil panen maka Pokmaswas bisa membuat sistem piket agar selalu ada anggota yang stand by untuk memberi pakan ikan. Setelah itu jaga semangat gotong royong dalam menjaga dan mengelola sungai ini melalui keberadaan lubuk larangan yang dijaga Pokmaswas Bersama,” ujar Wali Kota Deri Asta.  (Wewe)

Baca juga: Pemuda Kayu Samuk, Koto Baru Gelar Lomba Mancing Ikan Larangan

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakMutasi Bergulir Lagi, Wakil Wali Kota Solok Lantik Pejabat Fungsional
Artikulli tjetërMasjid Jami’ Nurul Huda, Silaing Padang Panjang yang Ramah Musafir