Ponpes Al Kautsar 50 Kota Gelar Pelatihan Design Grapich

Santri Ponpes Al Kautsar 50 Kota Ikuti Pelatihan Design Grapich
Sarilamak, Pondok Pesantren (Ponpes) Muhammadiyah Al Kautsar Sarilamak Kabupaten Limapuluh Kota menggelar pelatihan design grapich selama 30 hari.

Pelatihan ini merupakan kerjasama antara BLK Komunitas Al Kautsar dengan BLK Padang yang didukung oleh Kantor Kemenag Limapuluh Kota melalui Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren.

Kegiatan ini dibuka oleh Kabag Kesra Setda Kabupaten Limapuluh Kota yang didampingi oleh Kepala Kantor Kemenag Limapuluh Kota yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, H. Irfan Junaidi, Selasa (21/9), bertempat di aula pondok tersebut.

“Kita mengapresiasi kegiatan yang menarik ini. Al Kautsar, sebagai salah satu Pondok Pesantren yang mengalami kemajuan cukup pesat beberapa tahun belakangan, mampu bersinergi dan membangun pondok pesantren melalui kegiatan-kegiatan berkualitas. Kita mengapresiasi itu,” ujar Irfan.

Irfan menyebut, kegiatan yang aplikatif sangat diharapkan di Pondok Pesantren. Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan formal yang harus mempunyai kelebihan, salah satunya mampu membangun pribadi santri yang mandiri, tidak manja.

“Dari kegiatan ini kita berharap akan lahir para desainer grafis muda yang handal dan mampu menjawab tantangan zaman yang serba digital. Zaman sudah canggih. Kemampuan diri untuk ikut terhadap perkembangan itu sangat di tuntut. Melalui kegiatan inilah kita berharap generasi muda akan tampil terdepan, terkhusus di bidang Desain Grafis,” pungkas Irfan.

Sebelumnya, Pimpinan Pondok Pesantren Muhammadiyah AL Kautsar, Dafri Harweli, dalam sambutannya menyebut, kegiatan ini adalah dalam rangka pengaplikasian peran Pondok Pesantren itu sendiri. “Pondok Pesantren mempunyai fungsi sebagai lembaga pendidikan, sebagai lembaga dakwah, dan terakhir sebagai lembaga pengabdian masyarakat,” jelas Dafri.

Dafri menjabarkan, sebagai lembaga pengabdian masyarakat, Ponpes Al Kautsar mencoba mewujudkan peran itu. “Kegiatan ini juga bagian dari ranah Kompetensi Balai Latihan Kerja (BLK) Al Kautsar. Ranah BLK itu ada tiga, Ranah Afektif, Ranah Psikomotor, dan Ranah Spiritual. Ranah Psikomotor inilah yang sedang kita wujudkan di Al Kautsar, melalui kegiatan Pelatihan Kompetensi Desainer Grafis. Semoga kegiatan ini bermanfaat,” tutup Dafri.

BACA JUGA  Evaluasi Kinerja Madrasah, Kemenag Kab. Solok Gelar Monev

Muhammad Irdamsyah, Ketua Balai Latihan Kerja Komunitas Al Kautsar, dalam laporannya menyebutkan, kegiatan ini merupakan kerja sama BLK Komunitas Al Kautsar dengan BLK Padang. “Kegiatan kita ini merupakan kerjasama antara BLK Komunitas Al Kautsar dengan BLK Padang, dan Alhamdulillah seluruh biaya kegiatan ini ditanggung oleh BLK Padang. Ini merupakan kegiatan pertama dengan peserta berasal dari lulusan SMA di beberapa kecamatan yang berjumlah 16 orang, ” urai Irdamsyah.

Irdamsyah, yang juga merupakan Ketua Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Cabang Lima Puluh Kota, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini diangkat adalah dalam rangka menciptakan generasi muda tepat guna yang mampu berusaha mandiri, melek teknologi dan mampu bersaing dengan kaum muda lainnya, khususnya di bidang Desain Grafis.
Pelatihan Berbasis Kompetensi ini dibuka langsung oleh Bupati Lima Puluh Kota, diwakili Kabag Kesra, Al Witra. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 30 hari, dimulai dari tanggal 22 September hingga 2 November 2021 mendatang. Mentor pelatihan berasal dari ustadz dan ustadzah Pondok Pesantren Al Kautsar yang telah mahir di bidangnya. Nina | Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaLiga Italia: Hantam Fiorentina 3-1, Inter Milan Rebut Capolista
Artikel berikutnyaLongsor Hantam 8 Rumah, Bank Nagari Painan Berikan Bantuan