Rawang, Potret Daerah di Perbatasan di Nagari Sulit Air

sulit
Sulit Air, SuhaNews. Rawang, nama yang tak begitu populer bagi masyarakat Kabupaten Solok, namun menjadi kebanggaan bagi nagari Sulit Air Kecamatan X Koto Diatas. Karena jorong Rawang merupakan saah satu tapal batas Kab. Solok.

sulit

Jorong Rawang yang menjadi salah sayu jorong di Sulit Air ini berbatasan langsung dengan nagari Talawi kota Sawahlunto. Namun ada perbedaan mencolok pada kedua nagari bertetangga ini.

Sebagai penghubung dua daerah, idelanya jalan yang melintas jorong rawang sedikit “mewah” dengan status jalan propinsi. Namunnya kenyataannya terbalik, jalan di jorong Rawang hanyalah jalan beton yang kondisinya telah rusak dimakan usia. Itu pun hanya sebagian, sementara ruas jalan lainnya masih jalan tanah yang bila hujan “aspal”nya akan bangun sehingga sulit dilewati.

Kepala Jorong Rawang Muslim Sati Maruhun menyampaikan bahwa Jorong Rawang memiliki 3 (tiga) Dusun, yaitu Dusun Tanggah, Dusun Silaki, dan Dusun Simbacang, sementara jumlah penduduk yang dimiliki oleh jorong rawang sebanyak 1.037 Penduduk.

Seorang tokoh masyarakat yang juga mantan kepala jorong di Rawang, Arianto.B, mengatakan bahwa di jorong rawang terdapat 292 KK (kepala keluarga) dan memiliki kemampuan ekonomi yang beragam, yaitu kategori mampu 15%, menengah 24%, dan kategori miskin sebanyak 61% dari jumlah penduduk.

Walau jorong rawang memiliki 3 dusun, listrik masuk keperumahan, tapi kecanggihan media tidak begitu dirasakan, hal ini disebabkan sinyal internet/telepon seluler tidak masuk.

sulit

Sehingga mendapatkan informasi berupa dunia internet sedikit sulit. Untuk menadpatkan sinyal, maka warganya akan keluar dari jorong tersebut, apakah menuju persimpangan Rawang atau menuju ke Sawahlunto untuk mendapatkan informasi, supaya mereka tidak ketinggalan berita.

reporter : Hendrik editor : Moentjak

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...