Rindu Orang Tua, Santri Ponpes Insan Cendekia Harau Khatam Dua Kali Dalam 14 Hari

Rindu Orang Tua, Santri Ponpes Insan Cendekia Harau Khatam Dua Kali Dalam 14 Hari
SuhaNews – Demi melepas rindu dengan orang tua dan keluarga, dalam waktu 14 hari santri Pondok Pesantren Insan Cendekia Harau Kabupaten Lima Puluh Kota tuntaskan target khatam dua kali dan khatam beserta terjemahan satu kali.

Ini merupakan program Pondok Pesantren Insan Cendekia Harau dalam bulan Ramadan yang harus diselesaikan oleh seluruh santri sebelum pulang ke kampung halaman masing-masing. Setelah mengkhatamkan bacaan Al Quran, seluruh santri akan mengikuti Khatam Al Quran Akbar.

Ihsan Ahmad, Lc, Pimpinan Pondok Pesantren Insan Cendekia Harau menyebut, kegiatan khatam dua kali dalam 14 hari ini merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan frekuensi santri dalam membaca Al Quran.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah agar santri memiliki semangat dalam tilawah Al Quran. Di samping itu, dampak positif dari kegiatan ini juga meningkatkan frekuensi santri dalam membaca Al Quran. Serta mencapai target-target santri dalam upaya khatam Al Quran,” jelas Ihsan.

Ihsan menambahkan, sudah selayaknya kaum muslim meningkatkan amal ibadah di bulan yang penuh berkah ini. Lipat ganda pahala yang Allah janjikan dalam bulan Ramadan semestinya menjadi pemicu bagi kaum muslim untuk semangat dalam beribadah, salah satunya dalam membaca ayat-ayat Allah.

“Kita berupaya menanamkan rasa cinta santri kepada Al Quran. Kalam Allah yang menjadi pijakan kita dalam beramal, seyogyanya kita baca saban hari dan sekaligus memahami kandungan yang terdapat di dalamnya. Kita ingin santri kita menjadi insan yang unggul dalam agama, di samping ilmu akademik dan non akamdemik tentunya,” imbuh Ihsan.

Sebelum kembali ke pangkuan keluarga masing-masing, santri Insan Cendekia Harau melakukan Khatam Al Quran Akbar yang digelar pada Sabtu, 16 April 2022 yang lalu. Sebanyak 1700 santri Insan Cendekia Harau, yang dibagi 30 orang masing-masing kelompok, membaca Al Quran secara bersama-sama. Satu santri membaca satu juz. Sehingga mereka khatam Al Quran dalam satu jam. Total yang khatam berjumlah 56 kelompok. Khatam Akbar dihadiri oleh pimpinan pondok pesantren, azatidz dan asatidzah, para musrif, serta pembina. (Ihsan/Nina)

BACA JUGA  213 Santri Ponpes Salafiyah di Pasaman Ikuti Ujian Kesetaraan

Berita Terkait :

orang orang orang orang 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakBupati Solok Lakukan Launching Pekan Imunisasi Dunia
Artikulli tjetërWakil Bupati Sijunjung Tutup MTQ tingkat Nagari Batu Manjulur