Rusak, Pembangunan RSUD Pratama Siberut Selatan Dilanjutkan

147
rsu
Wakil Gubernur Nasrul Abit di RSUD Siberut
SuhaNews – RSUD Pratama di Pasakiat Desa Maileppet Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah rusak sebelum sempat dimanfaatkan.  Bangunan rumah sakit yang rusak terlihat pintu dan jendela kaca sudah bolong dan hancur. 

“Pembangunan RSUD kembali dilanjutkan melalui DAK senilai Rp2.336.466.000,” ujar Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit,yang meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratama ini, sebagaimana dilansir dari Spiritsumbar.com, Jumat (5/6/2020).

Dalam kunjungan ke Mentawai Wagub Sumbar mengecek kesiapan pembangunan rumah sakit, yang rencananya sebagai rumah sakit penanganan Virus Corona Disease (Covid-19).

“Pembangunan Rumah Sakit ini harus disegerakan, karena akan menjadi rumah sakit rujukan utama di daerah Kepulauan Mentawai dalam penanganan Covid-19,” ujar Nasrul Abit.

Rumah sakit ini, jelas Nasrul Abit, memiliki tempat yang sangat strategis. Semoga rumah sakit ini bisa memberi manfaat untuk Mentawai khususnya bagi warga Siberut.

“Bangunan ini jauh dari keramaian masyarakat dan strategis untuk rumah sakit Covid-19. Pemandangan dari perbukitan  langsung mengarah ke laut, bisa membuat pasien tenang dan tidak stres,” papar Nasrul Abit.

Wagub Sumbar menghimbau masyarakat untuk sama-sama mendukung pembangunan rumah sakit ini. Karena rumah sakit ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan pada saat ini maupun masa yang akan datang.

Wagub Sumbar juga mengunjungi Puskesmas MA. Siberut yang baru beroperasi. Bangunan puskesmas tersebut cukup lengkap sarana dan prasarananya.

“Alhamdulillah, puskesmas di sini cukup lengkap, dengan dokter yang berpengalaman dalam melayani masyarakat,” jelas Wagub Nasrul Abit.

Semenatra Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai Lahmuddin mengatakan bahwa pemerataan sarana kesehatan sudah mulai terpenuhi, terutama di pulau Siberut ini.

“Kita sudah melakukan penguatan pelayanan,”jelas Lahmuddin.

Saat ini dokter sudah ada, petugas sudah ada. Penguatan pelayanan dilakukan pada kapasitas sarana dan prasarananya.

“Sebagai wilayah kepulauan yang kerap dikunjungi oleh wisatawan asing, Mentawai perlu mempersiapkan semua kelengkapan di rumah sakit dan puskesmas,” ujar Lahmuddin.

Editor: Wewe      Sumber: Spiritsumbar.com

Baca Juga:

Facebook Comments

loading...