Sawahlunto mulai Tes Swab Massal Untuk Guru SMP Dan SMA

11
sawah
SAWAHLUNTO, SuhaNews, – Pemko Sawahlunto menyelenggarakan SWAB test massal untuk guru – guru SMP dan SMA sederajat menjelang para pelajar kembali ke sekolah pada Senin 13 Juli 2020 nanti. SWAB test pada guru – guru SMP dan SMA se – Kota Sawahlunto ini dilaksanakan selama 2 hari, yakni Kamis sampai Jum’at (09 – 10 Juli 2020) di OMTC BDTBT Sungai Durian.

Meninjau langsung proses SWAB test massal guru – guru itu, Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto (Sekdako), dr. Ambun Kadri berkunjung ke lokasi SWAB test di OMTC itu, Kamis 09 Juli 2020 tadi. Usai peninjauan, dr. Ambun Kadri mengatakan bahwa proses SWAB test berlangsung dengan lancar dan akan diteruskan besok.

“Tim kita dari gugus tugas dan Dinas Kesehatan sebelumnya juga sudah berpengalaman melakukan SWAB test massal sampai 1.000 orang. Jadi untuk sekarang, kita Alhamdulillah melakukannya semakin lancar,” ujar Sekdako dr. Ambun Kadri.

Ditambahkan Sekdako, kuota yang tersedia untuk SWAB test massal yang dilakukan sekarang itu adalah 400 orang.

“Kita selenggarakan bertahap, untuk kali ini kan pada guru SMA dan SMP saja karena mereka yang akan memulai proses belajar mengajar di sekolah pada 13 Juli nanti. Kalau untuk guru SD memang belum, nanti saat mendekati jadwal SD kembali sekolah akan kita SWAB test juga guru – gurunya,” tutur dr. Ambun Kadri.

Pelaksanaan SWAB test massal terhadap guru – guru ini, seperti yang disampaikan Walikota Deri Asta beberapa waktu kemaren, adalah langkah preventif Pemko Sawahlunto dalam meminimalisir resiko adanya guru – guru yang terpapar Covid – 19.

“Sekolah termasuk tempat umum yang sangat berbahaya jika sampai terjadi penyebaran Covid – 19 di sana. Nanti akan panjang dan lama trackingnya kalau sampai ada kejadian terdeteksi positif. Maka itu, dari awal ini kita meminimalisir resiko itu dengan SWAB test pada guru – guru,” sebut Walikota Deri Asta.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Asril mengatakan Standar Operasi Prosedur (SOP) pelaksanaan protokol kesehatan di sekolah sudah hampir rampung, dalam minggu ini siap dikirimkan ke masing – masing sekolah. Sementara untuk Surat Edaran (SE) kembali ke sekolah itu sudah selesai dan tinggal menunggu ditandatangani oleh Walikota. (Rel. Humas | Lim)

Baca juga :

Facebook Comments

loading...