Sebanyak 11 Ribu Pramuka Penggalang Ikuti Jambore Nasional

Sebanyak 11 Ribu Pramuka Penggalang Ikuti Jambore Nasional
Cibubur, SUhaNews – Sebanyak 11 ribu pramuka penggalang dari seluruh Indonesia hadir di  Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur untuk mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) ke-11 pada 14-21 Agustus 2022.

Upacara pembukaan Jamnas diadakan pada Minggu pukul 08.00 WIB, 14 Agustus bersamaan dengan peringatan Hari Pramuka ke-61. Jamnas ke-11 tahun 2022 ini mengangkat tema “Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi”.

Baca juga: Hendri Septa Lepas Kontingen Pramuka Penggalang JAMNAS ke-XI

Dikatakan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Budi Waseso, Jambore Nasional bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku, serta meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang.

“Jamnas juga berkomitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Kode Kehormatan Pramuka, yaitu Satya dan Darma Pramuka,” ujar Budi Waseso.

Budi Waseso menyampaikan, Jamnas yang diikuti 11.506 pramuka penggalang utusan kwartir cabang (kabupaten/kota) dari seluruh Tanah Air, gugus depan pramuka yang berpangkalan di KBRI, serta utusan organisasi pramuka di kawasan Asia Pasifik.

“Jamnas yang berlangsung sepekan ini diarahkan pada upaya pencapaian tujuan Gerakan Pramuka. Yaitu pembinaan spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik (sesosif) dalam rangka membentuk manusia yang berkarakter, berakhlak mulia dan mandiri dengan berkegiatan dalam perkemahan,” terang Budi Waseso.

Ia menjelaskan, kegiatan Jamnas bersifat edukatif, rekreatif, kreatif, produktif, inovatif, kompetitif, dan menantang. Dengan menggunakan prinsip dasar dan metode kepramukaan, kegiatan dilaksanakan dalam bentuk permainan, diskusi, demonstrasi, simulasi dan kompetisi.

Terdapat Ratusan kegiatan pada Jamnas, 80 persen diadakan di Buperta Cibubur dan 20 persen dilakukan di luar perkemahan induk. Antara lain keterampilan kepramukaan, kampung pengembangan berkelanjutan, kampung teknologi, kegiatan petualangan, forum penggalang, permainan persaudaraan, dan wisata edukasi.

Wakil Gubernur Sumatera Barat selaku Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) 03 Gerakan Pramuka Sumbar, Audy Joinaldy turut hadir bersama Kontingen Sumbar yang mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) XI Cibubur tahun 2022.

BACA JUGA  Wakil Gubernur Tinjau Wisata Alam Kapalo Banda, Nagari Taram

Wagub mengatakan Kontingen Sumbar pada Jamnas XI berjumlah 304 orang, yang terdiri dari 19 regu Putra dan 19 regu putri dengan tiap regu berjumlah 8 orang.

Peserta didampingi 38 pembina pendamping. Selain itu, ada juga 3 peserta berkebutuhan khusus (tuna grahita) yang juga didampingi 3 pendamping. Kontingen dipimpinan satu orang ketua, delapan staf kontingen dan satu dokter, sehingga secara keseluruhan kontingen terdiri dari 358 orang.

Adapun kwarcab yang berpartisipasi dalam Jammas ini sebanyak 17 Kwarcab. Kwarcab Solok Selatan dan Tanah Datar yang absen digantikan oleh satu regu putra dari Pesisir Selatan satu regu putra dari Pasaman Barat dan dua regu putri juga dari Pasaman Barat.

“Pada Jamnas kali ini, kontingen kita lengkap atau sesuai dengan kuota yang diberikan Kwarnas,” terang Wagub.

Selain Wakil Gubernur, tampak turut mendampingi kontingen Sumbar pada upacara pembukaan, Kepala Badan Penghubung Aschari Cahyaditama, Kadispora Sumbar Dedy Diantolani, Kepala BKIM Sumbar Afando Ekardo, serta Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat, Lithos selaku pimpinan rombongan. (Ef/Ria/Mz, Phb)

Baca juga: Bupati Solok Lepas Kontingen Gerakan Pramuka Ikuti Jambore Nasional

 

ribu ribu ribu ribu 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakWako Erman Safar Perjuangkan Nasib Pegawai Kontrak ke Kemenpan RB
Artikulli tjetërBupati Sijunjung Kukuhkan 72 Anggota Paskibraka