Sekda Sijunjung Launching Program Gerakan Aksi Bergizi di SMPN 7 Sijunjung

Sijunjung, SuhaNews  – Sekretaris Daerah (Sekda) Sijunjung, Zefnihan melaunching program gerakan aksi bergizi di sekolah Rabu (26/10/22) di SMPN 7 Sijunjung.  

Kegiatan diawali dengan senam bersama, Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD), Pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan.

Baca juga: Pastikan Asupan Gizi Santri, Ponpes Al Kautsar Disambangi Dinkes

“Kegiatan ini tindak lanjut surat Kementrian  Kesehatan RI No PK.05.01/B/789/2022 tanggal 6 Oktober 2022 tentang dukungan kegiatan nasional aksi bergizi,” kata zefnihan”.

Selain itu dalam rangka pemecahan rekor muri  dengan pelaksanaan aksi bergizi  secara serentak pada tanggal  26 Oktober 2022 DI 514 Kab/Kota  di seluruh Indonesia dengan target  1028 sekolah.

Di Sijunjung kegiatan  dilaksanakan seluruh wilayah puskesmas  pada 13 Sekolah  SMP Dan SMA, Maka  SMP 7 Sijunjung ditunjuk untuk pelaksanaan launching  bergizi tingkat Kabupaten,”terangnya.

Setelah kita lakukan survey, Tiga dari sepuluh anak ditemukan mengalami anemia, untuk itu Ia berharap kepada siswa/siswi SMP 7 agar bisa menjadi pelopor di Sijunjung dalam melawan penyakit anemia sehingga kedepan tidak kita temukan lagi anemia di Sijunjung yang kita cintai ini.

Selain itu ia juga berpesan kepada siswa/siswi untuk giat mengkonsumsi makanan bergizi di pagi hari, seperti telur, nasi, tempe dan tahu dan makan bergizi lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sijunjung, Ezwandra dalam laporannya mengatakan, kegiatan gerakan aksi bergizi tersebut dilaksanakan dengan tiga intervensi utama yaitu sarapan dam minum TTD di sekolah/madrasah sederajat setiap minggu sekali.

Edukasi gizi yang bersifat multi sektor dengan tujuan mempromosikan asupan makan yang sehat dan aktivitas fisik, serta komunikasi untuk perubahan perilaku yang relevan dan komprehensif.

“Gerakan ini diharapkan dapat memotivasi sekolah lain di Sijunjung untuk melaksanakan kegiatan yang sama secara rutin sebagai salah satu upaya strategis dalam meningkatkan kepatuhan konsumsi TTD dan terhindar dari anemia pada remaja putri,”tambah Sekda Zefnihan (Nov/Wewe)

BACA JUGA  Didukung Mentan, Wako Hendri Septa Optimis Kembangkan Peternakan Sapi Perah Tahura

Baca juga: Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Launching Pos Gizi Tanjung Alai Sehat

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -