Seluruh Kafilah MTQ Nasional Akan Jalani Tes Swab

nasional
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, meninjau lokasi terminal baru Bandara Internasional Minangkabau BIM tempat penerimaan kafilah MTQ Nasional ke 28. Foto: Humas Sumbar
SuhaNews. Menyambut pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-28 tahun 2020 provinsi Sumatera Barat yang akan berlangsung pada 12 s/d 21 November 2020, telah dipersiapkan dengan baik oleh Pemprov Sumbar. Salah satunya seluruh kafilah yang ikut dalam ajang ini akan menjalani tes swab.
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, mengatakan, kafilah peserta dari seluruh Indonesia akan disambut terminal kedatangan yang baru di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan wajib mengikuti protokol kesehatan (protkes).

Hal itu diungkapkannya ketika meninjau BIM, didampingi Kepala Dinas Perhubungan dan Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Sumbar, Minggu (18/10/2020). “Terminal Kedatangan yang baru BIM, kita gunakan khusus untuk menyambut kedatangan para kafilah MTQ se Indonesia. Kita bisa melakukan pemeriksaan dan pendaftaran disini,” kata Gubernur Irwan Prayitno.

juara
Logo MTQ Nasional 2020

Terkait rencana tersebut, Irwan Prayitno menyampaikan agar setiap instansi, lembaga dan semua yang terkait, bisa bekerjasama dalam menyukseskan MTQ Nasional dan termasuk mengatasi protokol kesehatan bagi para kafilah yang datang. “Setiap kafilah yang datang tetap kita lakukan pemeriksaan yang mengacu pada protokol COVID-19, seperti pemeriksaan tes swab. Semua ini kita lakukan untuk antisipasi agar virus corona tidak menyebar di Sumbar,” ucapnya.

Ini menyangkut nama Sumatera Barat sebagai tuan rumah. Gubernur inginkan semua tamu harus disambut dengan baik dan buat mereka senyaman mungkin. Setelah itu baru para tamu dibawa ke hotel yang telah disediakan.

Irwan Prayitno ingatkan, kembalikan kejayaan Sumbar dulu. Kehidupan yang islami sangat kuat disini. Selain itu ia juga menyampaikan pada setiap instansi, lembaga atau yang menangani MTQ bisa lebih berperan aktif menjaga tidak terjadinya penyebaran virus corona. “Kita harus bisa menjaga itu, jangan sampai acara MTQ ini menjadi klaster Covid-19. Ini menjadi tantangan bagi kita semua, mari kita jaga bersama,” ajaknya.

Sementara itu, data sebaran Covid-19 di Sumbar yang dilansir situs sumbarprov.go.id, Minggu, 18 Oktober 2020, melaporkan terjadi penambahan 277 warga Sumbar yang positif Covid-19. Dengan demikian konfirmasi positif sudah 10 ribu 957 orang. Jumlah pasien sembuh 107 orang, dengan total sembuh 5 ribu 864 orang, meninggal juga bertambah 3 orang, sehingga berjumlah 206 orang. Kondisi positifty Rate (PR) Sumbar, kini mencapai 5,66%. Angka ini sudah melebihi batas ideal yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 5%.

Semoga acara MTQ tingkat Nasional XXVIII tahun 2020 ini bisa berjalan dengan dengan sukses, dan bebas dari penyebaran COVID-19. 

editor : Moentjak sumber : BeritaMinang.com

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...