Semangat Berteknologi, MAN 2 Solok Terapkan ARD

Guru MAN 2 Solok tengah menginput data ARD pada labor komputer kampus tersebut.

Singkarak, SuhaNews. Mulai tahun pelajaran 2019/2020 ini MAN 2 Solok mulai menerapkan Aplikasi Rapor Digital (ARD) dalam pencatatan nilai siswa. Hal ini dilakukan setelah para guru diberikan pelatihan beberapa waktu yang lalu.

Penginputan data dan nilai dilakukan oleh guru di laboratorium komputer MAN 2 Solok yang dipandu langsung oleh pengelola labor komputer Desi Novita.

Kepada media Desi menjelaskan bahwa kecepatan pengisian ataupun penginputan nilai ke dalam ARD, masing-masing guru MAN 2 Solok sangat bervariasi diantaranya adalah jumlah kelas yang diajar, kemampuan menggunakan komputer dan kesiapan data atau nilai yang akan diinput.

ia menambahkan, guru dapat menginput nilai mata pelajaran masing masing melalui akun yang sudah di sediakan, mulai dari input nilai harian hingga penilaian akhir semester, wali kelas juga mempunyai akun untuk memantau pengisian nilai siswa dan mencetak rapor.
Meskipun dihadapkan dengan pekerjaan penginputan nilai yang begitu banyak, tetapi guru-guru tetap menikmati tugas tersebut dan saling memberi suport saat penginputan, “tutup Desi.

“Memang awalnya aplikasi ini sangat membingungkan namun adanya sharing dengan sesama teman dan kepada operator cara pengisian ARD menjadi lebih memudahkan dalam pengisian, kami yakin insyaallah tugas ini akan segera kami selesaikan, sehingga para siswa dapat menerima rapor tepat waktu”,Ungkap Novi Eza salah seorang guru MAN 2 Solok.

Kepala MAN 2 Solok Erdinal S.Ag yang dimintai komentarnya mengatakan bahwa peneraan ARD merupakan semangat MAN 2 Solok untuk memajukan pendidikan madarsah dengan teknologi.

Selain memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran dan penyajian materi, sekranag kita tingkatkan dengan ARD yang untuk pertama kalinya akan diserahkan pada siswa pada 21 Desember 2019 nanti.

Untuk itu ia mengucapkan terima kasih pada para guru dan operator yang telah bekerja keras mewujudkan ARD di MAN 2 Solok ini.

reporter : Yos    editor : Moentjak

 

Facebook Comments

loading...