Seni Budaya Minangkabau Ramaikan Makassar International Eight Festival

budaya
Makasar, SuhaNews – Seni Budaya Miangkabau, Sumatera Barat meramaikan gelaran Makassar International Eight Festival and Forum 2022 (Makassar F8), Jumat (9/9/2022) di Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar.

Penampilan puluhan musisi dan penari tradisional asal Sumatera Barat ini diboyong dan disaksikan langsung Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, didampingi Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda dan Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto. Beragam atraksi seni dan budaya Minangkabau disambut antusias ribuan pengunjung Makassar F8.

Baca juga: Bundo Kanduang Pasbar Sosialisasikan Kedudukan Perempuan Minangkabau

Sebagai pembuka atraksi pertunjukan kebudayaan, pengunjung dimanjakan dengan musik perkusi tradisional Minangkabau berpadu dengan dentuman musik modern dari Kelompok Darak Baradak.

Lagu berjudul ‘Minangkabau” juga melantun merdu di Zona 3 F8. Disusul suguhan Tari La O Lai yang menggambarkan ketangkasan gadis Minangkabau dalam mengerjakan tugas sehari-hari.

Kehadiran Sumbar di Makassar F8 2022 ini adalah atas undangan Danny Pomanto kepada Wagub pada Juni 2022 lalu.

Wagub Sumbar mengapresiasi keunikan gelaran Makassar F8. Ciri khas ini menurutnya berhasil membuat Makassar F8 bisa bertahan pada posisi Top 10 Kharisma Event Nusantara pada jajaran festival di Indonesia.

“Saya berterima kasih, sangat senang saya ke Makassar. Peluang kerja sama sangat banyak dan potensial. Ide dan inovasi Danny juga tak tanggung-tanggung. Bukan sembarang ide. Saya harus menyaksikan langsung F8,” katanya.

Memenuhi janjinya kepada Danny Pomanto, Audy Jounaldy hadir langsung menyaksikan Makassar F8 bersama ratusan pengunjung lainnya.

Agenda malam hari pun tak kalah meriahnya. Dihadiri tamu-tamu penting membuat acara ini semakin mewah. Kementerian pertanian dan sejumlah forkopimda Sulawesi Selatan juga hadir di malam hari. Makassar F8 nantinya akan berlangsung hingga Minggu 11 September 2022 berlokasi di Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar. (Ef/Mz, Phb)

BACA JUGA  LKP Pembangunan Kota Solok Laksanakan Program Pendidikan Kecakapan Kerja
Baca juga: 470 Perempuan Berbaju Kuruang Basiba Parade Budaya Nusantara di Monas

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprak2 Penimbun BBM Bersubsidi Ditangkap Polres Dharmasraya
Artikulli tjetër7 Tahun Menunggu, Pembangunan Jembatan Gunuang Saribu Ditinjau Bupati Tanah Datar