Rekan Kerja Pasien Terpapar Covid-19 Ikuti  Rapid Test

Rekan Kerja Pasien Terpapar Covid-19 Ikuti  Rapid Test
Sekda Tanah Datar, Irwandi
Batusangkar, SuhaNews – Pasca ditetapkannya seorang warga Tanah Datar positif terpapar Covid-19, petugas kesehatan melakukan rapid tes (tes cepat) kepada  semua yang melakukan kontak dengan pasien, yang meliputi rekan kerja, petugas kesehatan sampai petugas transportasi yang mengantarkan pasien ke RSU Ahmad Muchtar.

“Ada 88 orang yang melakukan kontak dengan pasien terpapar covid-19 ini,” ujar Kadis Kesehatan dr. Yesrita Zedrianis.

Dilakukannnya rapid tes dan aksi cepat ini agar wabah ini tidak semakin menyebar. Pasien yang dinyatakan positif Covid-19,  terjangkit pada 19 Maret 2020 lalu,  saat ini telah dilakukan perawatan dan isolasi di RSU Ahmad Muchtar Bukittinggi.

Kadis Kesehatan dr. Yesrita Zedrianis menyampaikan hal itu saat rapat koordinasi yang dipimpin Sekda Irwandi dan dihadiri Staf Ahli Bupati Nuryeddisman, Kalaksa BPBD Thamrin, Kadis Kominfo Abrar dan kepala OPD, Kabag, Kabid dan lainnya, Sabtu (28/03/2020) di Posko Gugus Tugas Penanganan Covid 19 di Pagaruyung.

Rekan Kerja Pasien Terpapar Covid-19 Ikuti  Rapid Test 1 “Setelah pasien dinyatakan positif terpapar Covid-19  pada 26 Maret lalu, kita langsung mendata siapa saja yang melakukan kontak erat dengan pasien terutama pada 18 dan 19 Maret 2020 lalu,” ujar Yesrita Zedrianis.

Setelah dilakukan pendataan secara jelimet, ada 88 orang  yang pernah kontak dengan yang bersangkutan, mereka terdiri atas rekan kerja, petugas kesehatan sampai petugas transportasi yang mengantarkan pasien ke RSUD Ahmad Muchtar.

“Jumat malam telah lakukan rapid test terhadap 36 orang kontak erat dengan pasien Covid-19,” jelas Kadis Kesehatan.

Hasilnya masih belum ada yang dinyatakan positif terpapar. Selanjutnya Sabtu ini, tim melanjutkan mengunjungi 52 orang lagi untuk dilakukan test.

Sementara itu Sekda Irwandi menyampaikan agar masyarakat Tanah Datar tidak panik atas ditetapkan salah seorang warga positif Covid-19. Masyarakat tidak takut dan panik, namun tentu harus meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan imunitas dan kebersihan di keluarga, serta langkah lain yang dianjurkan agar penyebaran virus ini terhenti.

BACA JUGA  Bupati Dapati Kelas Tanpa Guru Saat Kunjungi SMPN 5 Batusangkar

“Kita mengapresiasi pelaksanaan rapid test terhadap  orang yang telah lakukan kontak erat dengan pasien yang positif covid-19,” jelas Sekda Irwandi.

Rekan Kerja Pasien Terpapar Covid-19 Ikuti  Rapid Test 2Saat ini, jelas Irwandi, masih diputuskan untuk melakukan isolasi secara mandiri di rumah masing-masing. Pemerintah menyediakan tempat khusus untuk isolasi. Beberapa tempat yang dalam penyiapan adalah AK Komunitas di Lintau, Islamic Center di Pagaruyung, dan Balai Diklat Kemendagri di Baso Agam.

Sementara Jubir Gugus Tugas Covid-19 Roza Mardiah menyampaikan data terbaru sampai Sabtu (28/3) pukul 13.00 WIB, jumlah ODP 146 orang, PDP 3 orang, positif Corona 1 orang dan meninggal nihil.

Reporter:  Dajim  Editor: Wewe

Baca Juga:

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakMobil Damkar Bersihkan Material Banjir Talang Babungo
Artikulli tjetërKPK Perpanjang Masa penahanan Bupati Solok Selatan Nonaktif 30 hari