Siswa MAN 2 Bukittinggi Antusias Ikut Program ‘’Kejar Ceriyamu’’

MAN
Bukittinggi, SuhaNews – Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi menggandeng BTN Syariah melakukan Sosialisai Tabungan Haji Muda untuk pelajar di MAN 2 Bukittinggi (11/11/22). bertempat di Musala Madrasah setempat.

Melihat data dalam Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) pada 23 Februari 2022 daftar tunggu haji Indonesia sudah sampai 23- 30 tahun.

Baca juga: Gerakan Haji Muda, Kemenag Bukittinggi Sosialisasikan Kejar Ceriyamu di MAN 2

Daftar tunggu haji Indonesia yang begitu panjang tersebut sudah seharusnya ada terobosan untuk menggapai rukun Islam kelima tersebut semenjak jauh- jauh hari dan tak harus menunggu menjadi kaya terlebih dahulu untuk mendaftar haji.

Sementara potensi haji dan kemampuan berhaji bagi kaum muda sebenarnya ada, namun masih banyak pemikiran dari kalangan muda untuk menunda- nunda. Bahkan banyak yang berpikir  mendaftar haji di saat muda tidak begitu urgen  sehingga banyak yang menunggu untuk mendaftar di usia 50 tahun.

Melihat situasi ini Kementerian Agama  melalui BPKH membuat terobosan Gerakan Haji Muda. Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi untuk mensukseskan Gerakan Haji Muda tersebut membuat program Inovasi “Kejar Ceriamu” yaitu Satu Rekening Satu Pelajar  Cepat Raih Haji Muda.

Kegiatan sosialisasi Program “Kejar Ceriamu”, yang dihadiri oleh Kakan Kemenag Kota Bukittinggi H. Eri Iswandi, didampingi oleh Kasi PHU, Hj. Triandini Djusair, Pihak BTN Syariah,  Kepala MAN 2 kota  Bukittinggi Amri.J, Kepala Tata Usaha Maizefri, Waka Kesiswaan Nelma Hasni, waka Sarpras Desnayanti, Waka Humas Fadhlina Syarif, majelis guru dan  siswa MAN 2 Bukittinggi dari kelas X hingga kelas XII.

Dalam sambutannya Kepala MAN 2 Bukittinggi menyampaikan apresiasinya terhadap kedatangan rombongan Kankemenag kota Bukittinggi beserta BTN Syariah.

BACA JUGA  Youtuber Coba Curi "Sunguik Harimau" di Padang Pariaman

‘’Alhamdulillah kami sangat bahagia sekali menyambut program Kankemenag kota Bukittinggi sehingga siswa kami semakin bersemangat mempersiapkan hajinya semenjak usia muda ini,” ujar Kepala MAN 2 kota  Bukittingg, Amri J.

Seharusnya acara ini di lapangan namun karena tadi gerimis acara kami pindahkan di mushalla ini, walaupun agak sesak  tapi tetap semangat . Saat ini siswa MAN 2 Bukittinggi sudah berjumlah 941 orang sehingga banyak calon haji muda ke depannya.

“Terima kasih kepada Kankemenag Kota Bukittinggi Eri Iswandi,  Kasi PHU Triandini Djusair dan Rombongan BTN Syari’ah datang langsung dalam sosialisasi “Kejar Ceriamu,” ini,” tambah Amri J.

Kegiatan sosialisasi tabungan haji muda berlangsung  meriah dan menarik dipandu langsung oleh ustad Syafrizal yang juga merupakan guru PAI dari MAN 2 Kota  Bukittinggi. Ustad Syafrizal menyampaikan program haji muda yang diberi nama “Kejar Ceriamu” perdana yang punya gagasan ini hanya Kankemenag kota Bukittinggi.

Pada kesempatan tersebut pihak BTN Syariah, Rini menyampaikan bahwa pentingnya  semenjak muda untuk menabung demi mempersiapkan diri dalam menunaikan ibadah haji. Apalagi jamaah haji Indonesia yang sangat banyak sehingga menyebabkan daftar tunggu yang sangat panjang. Oleh karena itu pihak BTN Syariah memfasilitasi seluruh siswa untuk mempersiapkan haji muda .

“Mulai dari sekarang menyisihkan uang jajan tanpa terasa nanti akan dapat mendaftar haji. Apabila sudah punya rekening pasti siswa semakin bersemangat dalam menabung untuk mendapatkan porsi hajinya. Program haji muda yang diberi nama ‘’Kejar Ceriamu’’ merupakan ide brilian Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi yang di pimpin H. Eri Iswandi,” tuturnya.

Sementara itu Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi menyampaikan bahwa saat ini di kota Bukittinggi hampir 60% jamaah haji itu berusia 60 tahun, sementara jika kita lihat untuk pelaksanaan ibadah haji memerlukan fisik dan mental yang kuat.

BACA JUGA  PSBB di Tigo Lurah, Antusias Pelajar dan Mahasiswa Ditengah Blank Spot Area

Apabila bisa berangkat haji di usia muda, tambah Eri Iswandi, kita akan lebih khusuk dalam pelaksanaan ibadah, mengingat fiisk masih sehat dan kuat. Oleh karena itu Kemenag kota Bukittinggi melalui Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) membuat program “Kejar Ceriamu” yaitu satu rekuning satu pelaJAR Cepat RaIh hAji MUdamu.

“Melalui kerjasama dengan pihak BTN Syariah ananda semuanya bisa membuka rekening haji dari sekarang ini’,” Papar Kankemenag.

Dalam kegiatan tersebut dipanggil  5 orang siswa MAN 2 Bukittinggi yang langsung mendapatkan buku rekening tabungan haji mudanya.

Kelima siswa ini sebelumnya sudah melengkapi syarat membuka rekening saat launching “Kejar Ceriamu’’ pada 5 November lalu di Rocky Hotel kota Bukittinggi. Kelima siswa tersebut adalah Alisya Rahmi ,  Afifa Naesa Syahrani, Afdhaluzzikri, Daffa Zikri Amin dan Munasifa Nabila.

Pada kesempatan tersebut Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, pihak BTN Syariah, Kepala MAN 2 Bukittinggi, dan majelis guru ikut memberikan Doorprize untuk membuka rekening haji muda bagi siswa yang berhasil menjawab pertanyaan. (Yuli/Yal)

Baca juga: FGD Pelayanan Haji di Kabupaten Solok, Pengurangan Kuota dan Batas Usia Hangat Dibahas

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakBuka Jalan Penghubung 4 Desa, Wako Genius Pantau Warganya Gotong Royong
Artikulli tjetërSebanyak 611 Guru Tahfiz Terima Insentif dari Pemkab Agam