Siswa MAN 2 Bukittinggi Buat Sendiri Hand Sanitizer

Siswa MAN 2 Bukittinggi Buat Sendiri Hand Sanitizer
Bukittinggi, SuhaNews. Untuk mencegah penularan Covid-19, siswa MAN 2 Bukittinggi membuat sendiri hand sanitizer untuk kebutuhan madrasah.

Virus Corona (Covid-19) saat ini menjadi makhluk yang menakutkan di kalangan masyarakat. Virus ini menyerang siapa saja dengan dapat berpindah dari manusia ke manusia sehingga bisa menyebab kan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut bahkan kematian.

Virus ini tidak hanya menjadi meresahkan masyarakat indonesia, akan tetapi juga sangat meresahkan serta menimbulkan kekhawatiran dunia internasional.

Tentunya sebagai insan yang beriman kita sangat meyakini bahwa virus ini teknik karena sudah menjadi ketentuan Allah SWT. Untuk itu dalam menyikapinya kita tidak perlu terlalu takut dan panik menghadapinya karena sudah menjadi ketentuan Allah SWT.

Akan tetapi sebagai antisipasi sebagai insan yang beriman pula tentunya kita harus memahami dan mengerti bagaimana gejala yang ditimbulkan dan bagaimana cara mengantisipasi penyebaran virus tersebut.

Berawal dari kekhawatiran terhadap penyebaran virus Covid 19 yang semakin masif, kepala MAN 2 Bukittinggi Roslindawati,RS.S.Pd, menghimbau seluruh keluarga besar MAN 2 Bukittinggi untuk waspada dan tidak panik, akan tetapi harus menjaga kebersihan badan dan lingkungan.

“Wabah Virus Corona yang mendunia ini sudah melanda hampir semua negara di dunia, tak terkecuali di negara Indonesia. walaupun di Sumatera Barat belum ditemukan pasien positif corona, namun kami mengajak guru dan siswa untuk selalu melakukan pencegahan agar terhindar dan tidak terdampak virus yang berbahaya tersebut,” tuturnya nya kepada Media , Rabu 18 Maret 2020.

Salah satu upaya antisipasi yang dilakukan MAN 2 Bukittinggi yaitu menciptakan (membuat) Hand Sanitizer sendiri. produk ini dibuat karena semakin langka dan mahalnya harga Hand Sanitizer di pasaran.

Melalui mata pelajaran kewirausahaan, guru Kimia meramu alkohol dan gel Aloevera sebagai spray cuci tangan. Hal ini selain dapat membantu pencegahan juga dapat mengajarkan kepada siswa untuk selalu hidup bersih dengan mencuci tangan sesering mungkin.

BACA JUGA  Imbas Virus Corona, Menpora Gelar Rapat dengan Para Operator Liga

Sementara itu Ka. Kankemenag Kota Bukittinggi H. Abrar Munanda sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan Guru Kimia MAN 2 ini sekaligus mengajak Keluarga besar madrasah di Kota Bukittinggi untuk membiasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat, salah satu nya melakukan cuci tangan sesering mungkin.

“Mari kita ikuti edaran Kementerian Agama RI Nomor 13 Tahun 2020 tentang Kewaspadaan Dini, Kesiapsiagaan, dan Tindakan Antisipasi Pencegahan Infeksi Covid-19 di Lingkungannya dalam rangka mencegah dampak novel coronavirus yang lebih luas terhadap penyelenggaraan pelayanan umat di bidang pendidikan, agama, dan keagamaan. Semoga wabah virus ini cepat berlalu,” Harap nya.

reporter : Yal  editor : Moentjak

Baca Juga :

 

Facebook Comments

loading...