SMPN 1 Pariaman Laksanakan Ujian Kenaikan Kelas dengan Computer Based Test

pariaman
Pariaman, SuhaNews – SMP Negeri 1 Pariaman laksanakan ujian kenaikan kelas bagi siswa-siswi kelas VII dan VIII dengan menggunakan telepon pintar.

“Pelaksanaan ujian berbasis telepon pintar tersebut merupakan bentuk terobosan di era digital dan teknologi,” ujar Kepala Sekolah SMPN 1 Pariaman, Rostina.

Sesuai Permendikbud Nomor 1 Tahun 2020 tentang kebijakan Merdeka Belajar dalam penentuan kelulusan peserta didik dan penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2020/2021, jelas Rostina, sekolah diberi kewenangan untuk membuat sistem belajar mengajar sesuai inovasi sekolah masing-masing.

Baca juga: 63 Siswa MTsN 7 Solok Selesai Ikuti Ujian Madrasah

“Ponsel pintar ini merupakan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari Kemendikbud RI karena SMPN 1 Pariaman dinilai sebagai sekolah yang memiliki kinerja terbaik,” ujar Rostina.

Soal ujiannya, jelas Rostina,  dibuat oleh guru dalam bentuk Sistem Komputerisasi atau Computer Based Test (CBT), yang memungkinkan sekolah untuk melaksanakan ujian atau tes secara daring menggunakan perangkat komputer dan tablet (android).

“Hasil ujian objektif akan dibaca dan diperiksa oleh sistem ,” lanjutnya.

Kendala yang dirasakan, tambah Rostina, persiapannya yang sedikit merepotkan karena baru pertama kali memanfaatkan sistem ini, di samping itu  koneksi jaringan dan kekuatan server.

“Semoga ke depan, para siswa semakin akrab dengan teknologi, sehingga bisa semakin baik dalam memanfaatkan perangkat tablet dan computer ini. (*/We)

Baca juga: SMPN 5 Gunung Talang Lakukan Ujian Semester Secara Daring

Facebook Comments

BACA JUGA  Kakan Kemenag Kota Payakumbuh, Ramza Husmen Tulis Buku Toleransi Zaman Now
loading...