Tanggap Covid-19, Dinas Kesehatan Sumbar Gelar Musyawarah Masyarakat Desa

dinas
Payakumbuh, SuhaNews – Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat bekerja sama dengan Kecamatan Payakumbuh Timur menggelar kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Penguatan Nagari Kader Tanggap (DERAP) Covid 19, Rabu (1/9). di Aula Kantor Camat Payakumbuh Timur. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Wali Kota Payakumbuh, diwakili oleh Asisten II Elzadaswarman, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, diwakili oleh Kasi Promkes Lily Yarni, Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal, Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi, Camat Payakumbuh Utara Desfitawarni, Kapolsek Kota Payakumbuh AKP Hendri Nursin, Kakan Kemenag Kota Payakumbuh Ramza Husmen, Lurah Payobasung Ade Vianora, serta 30 Orang peserta kegiatan MMD penguatan kelurahan Derap Covid 19.

Baca juga: Covid-19 Kabupaten Solok: Dua Warga Terkonfirmasi Meninggal Dunia

Asisten II Elzadaswarman mengatakan bahwa Pandemi Covid-19 di Kota Payakumbuh belum usai. Pemerintah sudah melakukan berbagai macam pembatasan kegiatan dan lainnya, namun tanpa adanya dukungan dari masyarakat kita tidak akan maksimal dalam penanggulangan pandemi covid 19.

“Masyarakat harus dilibatkan dalam penguatan penanganan covid-19,” ujar Elzadaswarman.

“Menyadarkan masyarakat harus dengan masyarakat, Penerapan prokes bukan hanya harus dilakukan oleh pemerintah, tapi penerapan prokes harus dilakukan oleh masyarakat,” tambah Elzadaswarman, yang akrab disapa Om Zet.

Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi mengatakan bahwa kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang merupakan kegiatan ke-9 yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.

“Kecamatan Payakumbuh Timur dipercaya oleh Dinas Kesehatan Provinsi untuk mengadakan kegiatan MMD penguatan nagari kader tanggap (Derap),” ujar Irwan Suwandi

Melalui MMD Derap Covid 19 ini, jelasnya, akan dirumuskan langkah efektif untuk menjadi model bagi penaggulangan covid di Payakumbuh.  Diharapkan menjadi model bagi penanggulangan covid di Sumatera Barat.

BACA JUGA  Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Ajak Generasi Abad 21 Wujudkan Pendidikan Unggul Dan Berkarakter.

Ditambahkan Irwan, Saat ini Pemerintah sudah menetapkan PPKM mikro dan juga ada posko PPKM di setiap kelurahan. Untuk menindaklanjuti itu maka dibentuklah Satgas covid 19 yang berpartisipasi dalam penanggulangan covid.

“Kader tanggap covid juga tergabung dalam Satgas Covid 19 dan menjalankan beberapa fungsi yakni fungsi pencegahan, penanganan, dan pembinaan,” tambahnya.

Kecamatan Payakumbuh Timur melakukan inovasi berupa betor keliling untuk menghimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan untuk penanganan covid, Pemberian daun sungkai untuk obat tradisonal pencegahan Covid 19, sedekah sarapan, paYAkumbuh TIMur Berbagi pakaiAn LAyak paKaI (YATIM BALAKI) serta membantu warga kurang mampu melalui program Jumat empati.

Kasi Promkes Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Lili Yarni mengatakan bahwa penanggulangan covid bukan hanya permasalahan pemerintah, juga menjadi tanggung jawab masyarakat. (*)

Baca juga: Kapolres Solok Tandatangani Pakta Integritas Covid-19 Bersama Bupati

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaKejari Sawahlunto Sosialisasikan Peraturan Tentang Tindak Pidana Korupsi
Artikel berikutnyaCovid-19 Kab. Solok: Kasus Terkonfirmasi Melandai, Warga Meninggal Bertambah