Tarwih Dimulai Jumat 1 April, Masjid Jamie’ Panyakalan Sediakan Tiket Syurga

Tarwih Dimulai Jumat 1 April, Masjid Jamie' Panyakalan Sediakan Tiket Syurga
Panyakalan, SuhaNews – Jum’at malam (1/4) Masjid Jamie’ Jorong Pakan Sabtu nagari Panyakalan Kecamatan Kubung Kabupaten Solok melaksanakan Sholat Tarwih berjamaah yang menandakan bahwa esok harinya akan memulai puasa Ramadhan 1443 H.

Hal ini sesuai dengan keputusan yang dikeluarkan oleh Muhammadiyah yang menetapkan jadwal awal puasa Ramadhan 1443 H jatuh pada Sabtu, 2 April 2022. Penetapan jadwal puasa itu dilakukan lewat Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah.

Adapun dalam maklumat tersebut, juga ditetapkan mengenai 1 Syawal 1443 H yang ditetapkan pada Senin, 2 Mei 2022. Penetapan awal Ramadhan dan Syawal 1443 Hijriah tersebut berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Melalui pantauan tim Suhanews dilapangan terlihat belum banyak jemaah yang ikut melaksanakan Sholat Tarwih. Masjid yang biasanya setiap Ramadhan dipadati jemaah namun malam pertama tarwih tahun ini hanya terdiri 4 shaf laki laki dan 3 shaf perempuan.

Sebagai pembuka pengurus menyampaikan laporan kegiatan masjid yang selama Ramadhan. Diantaranya akan menghadirkan ustad atau penceramah baik itu yang dari Nagari Panyakalan sendiri maupun dari luar daerah, juga akan menampilkan para da’i cilik dan hafiz dan hafizah dari MDA serta TPQ yang selama ini diasuh Masjid Jamie’.

Untuk kegiatan pembangunan saat ini Masjid Jamie’ tengah melaksanakan rehab kamar mandi dan tempat wudhu’.

Menurut bendahara masjid H. Musria Enova kepada media Suhanews kegiatan yang dinamakan “tiket surga” ini, dana awalnya berasal dari anggota dewan PropinsiH. Irzal Ilyas Dt Lawik Basa sebanyak 20 juta yang ikut didukung oleh beberapa orang donatur diantaranya pengumpulan infaq dan shadaqoh melalui proposal kepada perantau Panyakalan, pengurus juga membuka list sumbangan digrup WA Masjid Jamie’.

BACA JUGA  GOW Agam Ziarah ke Makam Pahlawan dan Sambangi Panti

“Alhamdulillah hingga saat ini pengerjaan rehab tempat wudhu’ masih tahap pengerjaan, kami masih berharap infak, wakaf dan shodaqohnya dari saudara kami kaum muslimin, kita masih butuh dana yang sangat besar.perkiraan anggaran biayanya sekitar 120 juta sementara dana yang ada baru sekitar 30 juta.” Terang H. Musria

Wali Nagari Agus Evatra Dt. Bandaro Kayo juga menyampaikan selamat berpuasa dan serta bebera himbauan kepada masyarakat terkait situasi dan kondisi Nagari saat ini.

“Kepada semua masyarakat untuk lebih waspada dengan adanya kasus kebakaran yang sudah 2 kali terjadi dalam minggu ini. Untuk saat ini kondisi kemarau lahan atau tanaman banyak yang kering, kami minta masyarakat jangan membakar lahan.demikian juga kepada ibu ibu selalu memeriksa kompor maupun kabel kabel listrik di rumah” ujar Wali Nagari.

“Terkait perbedaan waktu puasa Ramadhan tahun ini hendaknya bisa kita sikapi dengan baik jangan sampai hal ini menjadi kita terpecah dan terkotak kotak.semoga ini semakin meningkatkan keimanan serta uhkwah diantara kita” ucap Agus.

” Kami juga menghimbau kepada warga yang punya warung warung makan untuk tidak membukanya pada siang hari, menurut data di Nagari tidak semua warga Panyakalan beragama islam. Untuk itu mari kita saling menghargai seperti yang selama ini sikap toleransi yang terjalin cukup baik di Nagari Panyakalan” tutup Agus. Oca

Berita Terkait :

tarwih tarwih 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakKetua TP PKK Canangkan Bulan Bhakti Dasawisma Kecamatan Palembayan
Artikulli tjetërBupati Solok Buka Rakor Persiapan Jambore PKK