Tatanan Normal Baru Dimulai, Bupati Solok Keluarkan Juknis

318
tata
Bupati Solok lakukan video conference
Arosuka,SuhaNews – Kabupaten Solok nyatakan kesiapan dalam penerapan tatanan normal baru produktif dan aman covid-19. Kesiapan ini terungkap dalam video conference antara Bupati Solok dengan Gubernur Sumbar, Minggu (7/6/2020).

“Kita siap untuk melaksanakan tatanan normal baru produktif dan aman covid-19,” ujar Bupati Solok, H. Gusmal, Minggu (7/6) di sela-sela Video Conference bersama Gubernur Sumbar dan bupati/wali kota se-Sumatera Barat.

Dalam Video conference ini, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno didampingi Wakil Gubernur, Kapolda Sumbar, Korem 032 Wira Braja, dan Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dr. Andani Eka Putra, serta kepala SKPD lainnya.

Sementara di Guest House Arosuka, bergabung bersama Bupati Solok H. Gusmal antara lain Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin, Kapolres Solok Arosuka, Dandim 0309 Solok, Sekdakab Solok, dan para kepala SKPD.

“Pemerintah Kab. Solok siap melaksanakan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 (TNBPAC) mulai 8 Juni 2020,” ujar Gusmal.

Kabupaten Solok bergabung dengan 17 kabupaten/kota lainnya dalam melaksanakan TNBPAC  ini. Sementara dua daerah lainnya yakni Kota Padang akan menjalani masa transisi jelang TNBPAC atau new normal hingga 12 Juni. Sedangkan Kepulauan Mentawai hingga 20 Juni mendatang.

“Seluruh kabupaten/kota sepakat untuk tidak memperpanjang PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar),” ujar Gusmal.

tataKriteria penerapan new normal, jelas Gubernur Sumbar Irwan Prayitno,  sesuai dengan standar organisasi kesehatan dunia (WHO), menyangkut kesiapan dari kajian epidemologi, di mana dari data yang ada, tergambar tingginya angka kesembuhan pasien Covid-19 di Sumatera Barat. Kedua kriteria sistim kesehatan, ketiga kriteria kesiapan masyarakat.

“Ketiganya sudah terlihat di kabupaten/kota di Sumatera Barat,”jelas Irwan Prayitno.

Khusus di Kabupaten Solok, ada instruksi Bupati Solok Nomor 40/GT/Covid-19/VI-2020 tentang Juknis Penyelenggaraan Aktivitas Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah dalam Upaya Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 selama Masa Pandemi di Kabupaten Solok, yang harus dipedomani.

Di samping itu, ada instruksi Bupati Solok Nomor 41/GT/Covid-19/VI-2020 tentang Juknis Penyelenggaraan Aktivitas Kegiatan Sosial Budaya dalam Upaya Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 selama Masa Pandemi di Kabupaten Solok.

Instruksi tertanggal 6 Juni 2020 ini, harus diketahui masyarakat dan pemegang kebijakan agar penerapan tatanan normal baru produktif dan aman covid-19 di daerah bisa terlaksana dengan baik. Wewe

Baca Juga:

Facebook Comments

loading...