TBM Rumah Lentera Laksanakan Program Kampung Literasi dari Kemdikbud dan Ristek

tbm
Semarak literasi di Rumah Lentera
Panti, SuhaNews – Taman Baca Masyarakat (TBM) Rumah Lentera Air Terbit, Nagari Panti, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman mendapat amanah dari Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Koordinator Fungsi Keaksaraan dan Budaya Baca Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi untuk melaksanakan program Kampung Literasi.

“TBM Rumah Lentera merupakan 1 dari 30 taman baca di lndonesia yang diberi amanah melakanakan program peningkatan minat baca tahun 2021 melalui program Kampung Literasi” ujar Kurnia Hadinata, Pendiri Rumah Lentera, Sabtu (10/7).

TBM Rumah Lentera, tambanya, merupakan satu-satunya Taman Baca di Surnbar yang menerima dana bantuan senilai sebesar Rp50 Juta ini.

Baca juga: Walikota Padang Panjang Ingin Kembalikan Kejayaan Literasi

“Penunjukan ini merupakan prestasi bagi TBM Rumah Lentera yang tetap konsisten menggerakkan kegiatan literasi di Pasaman semenjak berdiri pada 12 Desember 2012 silam,” Kurnia Hadinata, mantan jurnalis.

Program ini, jelas penulis Buku ‘Jurus Jitu Guru Jawara’ ini, bernama “Kampung Literasi Air Terbit- Panti”. Direncanakan akan diluncurkan pada Selasa, 03 Agustus 2021 di Pasar lnpres Air Terbit Panti.

“Peluncuran Kampung Literasi ini akan dihadiri Gubernur Sumbar, Bupati Pasaman dan Tim dari Kemdikbud dan Ristek Jakarta,” jelas Kurnia Hadinata didampingi Fery, Sekreteris Panitia.

Tujuan program Kampung Literasi ini, tambah mantan Guru Berprestasi Nasional ini, adalah untuk meningkatkan minat baca, sekaligus pemberdayaan masyarakat melalui berbagai kegiatan keaksaraan, seni dan budaya.

“Kegiatan Kampung Literasi ini dilaksanakan Juli hingga Desember 2O21,” jelas Kurnia Hadinata.

Kegiatan yang akan dilaksanakan, papar Kurnia Hadinara dan Fery, meliputi kegiatan Mingguan berupa minggu pagi membaca bersama di Taman Baca, olah raga gembira, gotong royong, aneka permainan tradisional dan berdongeng.

BACA JUGA  Kampung Literasi Air Terbit Panti Pasaman Dapat Dukungan Kemdikbud

Kegiatan pelatihan seni tradisi yaitu pelatihan sanggar silat untuk remaja putra dan sanggar taritradisi bagi remaja putri. Selanjutna Pelatihan menulis, pelatihan pembuatan kerajinan tangan dari bahan limbah.

“Aneka perlombaan juga akan digelar selama pagelaran Kampung Literasi ini,” tambah penulis buku Jejak Sang Guru di Negeri Kangguru ini.

tbmPerlombaan yang digelar meliputi: lomba menulis, lomba membaca, gebyar didikan subuh, cepat tepat islami bagi remaja, lomba membuat poster, mewarnai, lomba membuat video pendek dan lomba foto.

Di samping itu, jelas Kurnia Hadinata, juga akan ada peluncuran buku, pojok baca, majalah dinding kampung, motor pustaka, pameran kerajinan tangan, bazar buku, pemutaran film dan diskusi perbukuan.

“Seturuh kegiatan yang akan dilaksanakan mengacu pada protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pernerintah,” tutup Kurnia Hadinata. (Wewe)

Baca juga: Kreativitas TBM Tumbuhkan Kreasi Masyarakat

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaBupati Rusma Yul Anwar: Kepala Sekolah di Pesisir Selatan Harus Mampu Berinovasi
Artikel berikutnyaFinal Euro 2020: Italia Vs Inggris, Pertandingan Penuh Gengsi