Tingkatkan Kemampuan Bahasa Arab Santri, Pesantren Insan Cendikia Harau Gelar Daurah

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Arab Santri, Pesantren Insan Cendikia Harau Gelar Daurah
SuhaNews –  Untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Arab bagi santrinya, Pondok Pesantren Insan Cendekia Harau Kabupaten Lima Puluh Kota adakan Dauroh Bahasa Arab. Dauroh Bahasa Arab merupakan salah satu program unggulan Pondok Pesantren Insan Cendekia Harau yang bertujuan untuk membentuk santri agar mahir dan aktif dalam berbahasa asing khususnya bahasa Arab.

Pimpinan Pondok Pesantren Insan Cendekia Harau, Ihsan Ahmad, Lc, M.A, dalam konfirmasinya menyebutkan, kegiatan Dauroh Bahasa Arab ini diharapkan mampu menuntun dan memudahkan santri untuk memahami Al-Quran dan juga menjadi gerbang awal untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, khususnya di Timur Tengah.

Ihsan melanjutkan, santri yang ikut Dauroh Bahasa Arab dibimbing oleh pakar bahasa arab yang didatangkan dari Pekanbaru. Mereka adalah Ustadz Abdul Goni, M. Ed, dan Ustazah Julia, M.A. Mereka berdua adalah dosen Bahasa Arab UIN Suska Riau dan merupakan alumni Universitas Di Sudan.

“Dalam mematangkan Bahasa Arab santri, pada daurah ini kita memberikan target dan percepatan kepada santri. Target dan percepatan itu berupa menghafal kosakata, latihan pidato Bahasa Arab, kultum Bahasa Arab, Story telling Bahasa Arab, dan sebagainya,” papar Ihsan.

Lebih lanjut Ihsan mengurai, santri yang telah terpilih mengikuti Dauroh Bahasa Arab selama satu pekan ini nantinya akan diberdayakan di lingkungan pondok dan asrama, untuk menegakkan kedisiplinan berbahasa, khususnya Bahasa Arab pada zona-zona yang telah ditentukan. Ihsan berharap, semoga kegiatan Dauroh Bahasa Arab ini mampu melahirkan generasi Insan Cendekia yang mampu, mahir, dan aktif dalam berbahasa khususnya bahasa Arab.

Dari informasi yang dihimpun, Dauroh Bahasa Arab dilaksanakan di Tanjung Pati Kecamatan Harau, tepatnya di Rumah Daurah. Kegiatan ini dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama diikuti oleh 30 orang santri putra, bertempat di komplek Harau putra. Dan gelombang kedua diikuti oleh santri putri, di komplek Harau Putri sebanyak 30 santri.

BACA JUGA  Kemenag Salurkan Alat Prokes kepada 6 Pondok Pesantren di Bukittinggi

“Alhamdulillah Dauroh Bahasa Arab gelombang pertama sudah dilaksanakan tanggal 3 hingga 10 Maret 2022. Dan alhamdulillah juga sudah dilaksanakan ujian lisan kepada setiap peserta pada tanggal 7 maret kemarin. Insya Allah untuk gelombang ke dua ini akan kita laksanakan pada tanggal 12 hingga 19 Maret 2022 mendatang,” pungkas Ihsan. Ihsan/Nina | Moentjak

Berita Terkait :

kemampuan kemampuan kemampuan 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakPeringati Harlah ke 33 PPM Al Kautsar Gelar ASC 2022
Artikulli tjetërApeksi Launching Indonesia City Expo ke-18 di Padang