Tingkatkan Layanan Haji, Kemenag Bukittinggi Bekerjasama Dengan Berbagai Lembaga

Tingkatkan Layanan Haji, Kemenag Bukittinggi Bekerjasama Dengan Berbagai Lembaga
Bukittinggi, SuhaNews. Good Service dalam pelayanan Jama’ah Haji bukan hanya sekedar kebutuhan Jama’ah Haji,akan tetapi lebih jauh dari padaitu sebagai bentuk kewajiban negara kepada masyarakat dan juga harga diri bangsa indonesia di dunia, karena yang melaksanakan ibadah haji di Madinah dan Mekkah terdiri dari berbagai bangsa, maka dapat di lihat secara langsung bagaimana pelayanan yang di berikan kepada jamaahnya.

Petugas yang cepat tanggap sangat di butuhkan dalam pelayanan haji. Berbagai Inovasi terus di lakukan pemerintah melalui Kementerian Agama sekaligus menjadikan bagian pelayanan publik, bukan pada tataran inovasi saja, karena hal tersebut telah diwajibkan sebagaimana amanat Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan UU Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah.

Penyelenggaraan ibadah Haji mencakup semua proses pemberian layanan Pembinaan dan Perlindungan kepada Jama’ah dalam penyelenggaraan Haji, termasuk kinerja petugas Penyelenggara, yang perlu dilakukan secara teliti, profesional dan akuntabel, sehingga proses penyelenggaraan Haji dapat berjalan sesuai yang diharapkan Pemerintah.

Dalam rangka merekrut Petugas Haji yang profesional Kemenag Kota Bukittinggi telah melaksanakan Rekruitmen Calon Petugas Haji tahun 2020 memakai Sistem CAT yang di ikuti 35 orang peserta dengan rincian 22 orang untuk PPIH Arab Saudi, 5 orang PPIH Pembimbing Ibadah dan 8 orang PPIH Ketua Kloter.

“Terima kasi atas dukungan dan partisipasi semua pihak yang telah mensukseskan Rekrutmen Calon Petugas Haji tingkat kota Bukittinggi. Berita acara dan nilai tertinggi peserta tes telah disampaikan ke Kanwil Provinsi Sumbar kemaren. Mudah-mudahan bagi peraih nilai teringgi bisa memperoleh hasil yang maksimal di Tingkat Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat 13 Februari mendatang,” kata Tri Andriani Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kankemenag Kota Bukittinggi menyampaikan beberapa hal seputar hasil tes rekrutmen calon petugas haji yang telah dilaksanakan kemarin.

BACA JUGA  Walikota Fadly Amran Apresiasi Launching Manasik Haji Sepanjang Tahun

Selanjutnya Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah ini menyampaikan beberapa poin dari 10 inovasi Kemenag RI yang telah dilakukan Kementerian Agama Kota Bukittinggi yaitu kerjasama dengan BPS BPIH dalam rangka peningkatan layanan kepada Jama’ah haji untuk setoran awal dan pelunasan BPIH dengan memberikan pelayanan non teller untuk pelunasan BPIH tersebut dan penyediaan uang saku (Living Coast)non tunai kepada jama’ah haji berupa kartu debit yang bisa digunakan di Arab Saudi, Manasik sepanjang tahun dimana sudah diupayakan pembinaannya pada tiap Kecamatan dan jalin kerjasama dengan RRI Kota Bukittinggi dalam penyiaran.

“Saat ini telah dilakukan Kerjasama antara Kemenag Bukitinggi dengan RRI dalam rangka pemantapan materi manasik haji serta kerjasama dengan penyuluh Agama Islam untuk memberikan bimbingan baca Al-Qur’an bagi calon Jama’ah haji yang membutuhkan,” ungkapnya.

reporter : Yal editor : Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaSemangat Berteknologi di Tanjung Balit, MTsN 7 Solok Gelar Try Out Berbasis Android
Artikel berikutnyaKhairul Jasmi Dipercaya Jadi Komisaris Utama Semen Padang FC