Tingkatkan Peranan dan Fungsi Perempuan, Bupati Agam Buka Muscab KPPI

Lubuk Basung, SuhaNews – Bupati Agam diwakili Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Agam, Budi Prawira Negara buka Musyawarah Cabang (Muscab) Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kabupaten Agam, Jumat (9/9) di Aula Kantor Dinas Dalduk KB PPPA, Lubuk Basung. 

“Muscab ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan peran dan fungsi perempuan dalam pembangunan politik di Kabupaten Agam,” ujar Ketua KPPI Kabupaten Agam Nilawati.

Baca juga: Haarlah ke 24, PBB Kota Padang Panjang Gelar Diskusi Politik

Kegiatan ini diikuti anggota pengurus KPPI, yang merupakan anggota partai politik peserta pemilu serta dihadiri Kadis Dalduk KB, PP dan PA Agam, Surya Wendri, Bundo Kanduang dan lainnya.

Kabid Kualitas Hidup Perempuan DP3AP2KB Provinsi Sumbar, Mulyadi mengatakan pihaknya mendukung kegiatan KPPI Agam.

“Keberadaan KPPI ini adalah organisasi yang membantu perempuan untuk mendapatkan hak berpartisipasi dalam berpolitik,” ujar Mulyadi.

peran
Budi Prawira Negara

Mulyadi meminta kepada Pemkab Agam melalui Dinas Dalduk KB, PP dan PA supaya dapat membantu KPPI Agam agar tetap maju dan berjaya.

Bupati Agam diwakili Kepala Kesbangpol Kabupaten Agam, Budi Prawira Negara mengatakan isu tentang peranan perempuan selalu hangat dibicarakan dalam berbagai bidang pembangunan.

Hal ini dapat dilihat, tambahnya dari adat minangkabau dimana perempuan memegang peranan yang tinggi, karena pada adat minangkabau perempuan dijadikan sebagai keagungan baik dalam berkaum maupun berkeluarga.

“Kita mengetahui perempuan di Minangkabau sejak dulunya memiliki hak suara yang sama dengan laki-laki,” sebutnya.

Keikutsertaan perempuan dalam keputusan publik, tambah Budi Prawira Negara, dapat mencegah segala bentuk kebijakan yang tidak berpihak kepada perempuan. (Tori/Wewe)

Baca juga: Bundo Kanduang Pasbar Sosialisasikan Kedudukan Perempuan Minangkabau

Facebook Comments

BACA JUGA  Pemerintah Kabupaten Agam Memulai Tahapan Seleksi Jabatan Sekretaris Daerah
- Advertisement -
- Advertisement -