TNI AL Aksi Kali Bersih, Batang Arau Padang Makin Resik

SuhaNews— TNI AL Lantamal II Padang melakukan aksi kali bersih di Batang Arau, Kota Padang, Selasa, (5/9/2023). Aksi itu mendapat acungan jempol dari Pemko Padang. Batang Arau pun semakin resik (bersih).
Wali Kota Padang yang diwakili Asisten I Edi Hasymi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari mewujudkan harapan agar sungai Batang Arau bebas dari sampah.
“Kemarin saat kita mengadakan Festival Muaro Padang, tujuannya tentu memotivasi masyarakat untuk tidak buang sampah di sini. Baik masyarakat yang memiliki kapal atau masyarakat yang tinggal sekitar sini,” ucapnya.
Ia menuturkan, sampah yang masuk ke Batang Arau tidak hanya dari masyarakat sekitar, melainkan juga sampah yang hanyut dari hulu Batang Arau. Pihaknya juga sudah memasang kubus apung guna mengantisipasi dan meminimalisir volume sampah.
“Kita hadir untuk menunjukkan kepedulian, dan merangsang keterlibatan masyarakat. Maka dari itu dengan kubus apung yang terletak sejauh 100 meter dari Jembatan Siti Nurbaya ini, telah mengurangi sampah yang hanyut dan bertumpukan,” tuturnya.
Edi Hasymi juga menuturkan harapannya dengan diadakan program kali bersih ini akan menjadi kegiatan berkelanjutan.
Sejalan dengan itu harapnya, pola perilaku masyarakat bisa berubah untuk tidak buang sampah di Batang Arau lagi.
Sementara itu, Wakil Komandan Lantamal II Padang, Kolonel Marinir (Mar) Arinto Beny Sarana menyampaikan bahwa kegiatan TNI AL bersama dengan masyarakat melaksanakan program peduli lingkungan. Helat ini merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun TNI AL yang ke-78 tahun 2023 bertajuk ”Melalui Program Kali Bersih, TNI AL Bersama Masyarakat Siap Menjaga
Kelestarian Lingkungan Guna Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.
“TNI AL bekerjasama dengan pemerintah daerah dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan perairan dan sungai,” tuturnya.
Kemudian untuk meningkatkan kerjasama lintas sektor dalam penanganan sampah di perairan dan sungai, pihaknya dalam giat itu juga mengedukasi masyarakat tentang pengolahan sampah.
Hadir juga dalam agenda itu, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Padang Tarmizi Ismail, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Mairizon, Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Yudi Indra Syani, Camat Padang Selatan Jasman dan lainnya. (*)
Baca Juga:
BACA JUGA  Pembukaan Pra TMMD ke-110 Sumatera Barat Tahun 2021 Dilaksanakan Serentak

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -