Wabup Zuldafri Darma: 50 Persen Warga Tanah Datar Terdampak Covid-19

410
zuldafri darma
Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma serahkan bantuan
Batusangkar, SuhaNews – Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma mengingatkan bahwa semua warga masyarakat yang sudah terdata, pasti akan memperoleh bantuan sosial tunai (BST). Karena masyarakat tidak perlu khawatir.

“Kalau penyalurannya terlambat, itu karena mekanisme dan persyaratan yang harus dilengkapi dulu,” jelas Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma, Kamis (14/5/2020) di kantor Pos Indonesia Cabang Batusangkar.

Wabup Tanah Datar hadir di kantor pos saat menyerahkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos RI bagi masyarakat terdampak Covid-19. Wabup menyerahkan secara simbolis kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Bantuan ini sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap beban masyarakat dalam pendemi wabah Covid-19,” jelas Zuldafri Darma.

zuldafri darmaPenduduk Tanah Datar, jelas Wabup Zuldafri, lebih kurang 100.000 KK. Sampai saat ini yang dibantu melalui dana pusat, provinsi, kabupaten maupun dana nagari hampir mendekati 50.000 KK. Aartinya sekitar 50 persen masyarakat Tanah Datar menerima bantuan ini.

Bantuan sebesar Rp600 ribu per KK ini, tambah Zuldafri Darma, dari program BST Kemensos untuk 1 bulan dan dilanjutkan berikutnya dari dana provinsi, kabupaten dan dana desa.

“Manfaatkanlah bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan yang penting bukan untuk hal-hal yang tidak terlalu bermanfaat,” pesannya.

“Terima kasih atas kerja sama Kantor Pos dan BNI, BRI dan Bank Nagar,” jelas Wabup Zuldafri Darma.

Bupati, forkompinda, masyarakat Tanah Datar telah dibantu Kemensos dan Provinsi yang disalurkan melalui Pos Padang Panjang dan Tanah Datar. Selain itu juga melalui BNI, BRI dan Bank Nagari.

Sementara Kadis Sosial dan PPPA Yuhardi menjelaskan BST Kemensos berjumlah 14.643 KK, didistribusikan melalui PT. Pos Indonesia sebanyak 13.957 KK, melalui BRI 574 KK dan BNI 112 KK.

Sedangkan BST Provinsi Sumatera Barat untuk 8.585 KK juga akan disalurkan melalui PT. Pos Indonesia sementara BST Kabupaten Tanah Datar sebanyak 17.372 KK yang didistribusikan melalui Bank Nagari Cabang Batusangkar.

“Bantuan Sosial Tunai Kemensos, Pemprov Sumatera Barat dan Pemkab Tanah Datar masing-masing sebesar Rp600.000 setiap bulan untuk 3 bulan ke depan, sedangkan Program Keluarga Harapan (PKH) dan penerima Sembako, tidak menerima bantuan ini,” sebut Yuhardi.

Sementara Kepala Pos Padang Panjang Hamdani didampingi Kepala Pos Batusangkar Yusuf menjelaskan penerima bantuan akan dihubungi oleh Pos Batusangkar melalui pemerintah nagari/jorong masing-masing, dan pihak nagari/jorong akan memberi tahu kepada masyarakatnya untuk datang ke kantor pos sesuai jadwal yang disepakati. Ini untuk lebih tertib dan menghindari penumpukan masyarakat.

zuldafri darma“Sepuluh kantor pos di Tanah Datar akan melayani pendistribusian BST,” jelas Kadis Sosial dan PPPA Yuhardi.

Masyarakat penerima bantuan, jelasnya, hanya perlu menunjukkan photocopy KTP dan KK, sekaligus verifikasi data, dokumentasi. Jika dokumen lengkap bantuan langsung diterima.

“Dengan adanya dukungan semua pihak, dan kedisiplinan penerima bantuan, mudah-mudahan berjalan dengan lancar,” ujar Kepala Pos Padang Panjang Hamdani Suseno yang membawahi wilayah Padang Panjang dan Tanah Datar.

Reporter: Dajim   Editor: Wewe

Baca Juga:

Facebook Comments

loading...