Wagub Sumbar Serahkan Alsintan untuk Kelompok Tani di Pesisir Selatan

wagub
Pesisir Selatan, SuhaNews – Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy menyerahkan bantuan Alsintan kepada perwakilan kelompok tani, Sabtu (24/7) di Dinas Tanaman Pangan,  Hortikultura dan Perkebunan di Painan. 

“Alsintan ini merupakan bantuan melalui dana aspirasi anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Fraksi PPP Komisi II Dapil Mentawai – Pesisir Selatan, Imral Adenansi,” jelas Audy Joinaldy.

Jenis Alsintan yang diserahkan berupa Hand Tractor Rotary 2 unit, Hidrotiller 4 unit, Cultivator 10 unit, Traktor Roda 2 Inpala 3 unit dan Hand Sparayer 50 unit.

Baca juga: Gubernur Sumbar Panen Raya di Desa Talawi Hilie Dengan Alat Alsintan Lebih Murah

Penyerahan alsintan ini juga disaksikan oleh Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah, anggota DPD RI, Alirman Sori, anggota DPRD Sumatera Barat, Imral Adenansi, sejumlah kepala perangkat daerah Pemprov Sumatera Barat dan Pemkab Pesisir Selatan.

Wagub Audy Joinaldy mengatakan bahwa PDRB Pesisir Selatan 33,4% berasal dari sektor pertanian, perkebunan dan peternakan.

“Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Pesisir Selatan diharapkan berkoordinasi dengan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sumatera Barat dalam pembangunan sektor pertanian,” ujar Wagub Audy Joinaldy.

Wagub mengapresiasi anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Imral Adenansi yang telah menunjukkan kepedulian terhadap pembangunan sektor pertanian di daerah ini.

Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah menyampaikan terima kasih pada anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Fraksi PPP Komisi II Dapil Mentawai – Pesisir Selatan, Imral Adenansi yang telah merealisasikan pokok pikirannya untuk peningkatan sektor pertanian di Pesisir Selatan.

“Pertanian merupakan sektor unggulan di Kabupaten Pesisir Selatan,” ujar Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah.

Berdasarkan data BPS tahun 2020, jelasnya, sebesar 55% penduduk di Pesisir Selatan bergerak pada sektor pertanian, perkebunan dan peternakan.

BACA JUGA  Antisipasi Lonjakan Covid-19, Wabup Rudi Hariyansyah Kunjungi RSUD M. Zein Painan

“Kontribusi sektor ini terhadap PDRB Kabupaten Pesisir Selatan mencapai 33, 4 %,” jelas Wagub.

Wabup berharap dengan bantuan Alsintan dapat meningkatkan produktifitas pertanian.

“Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan hendaknya lebih intensif berinovasi agar usaha pertanian semakin meningkat dan mampu memberikan kesejahteraan kepada petani,” harap Audy.

Melalui APBD Provinsi Sumatera Barat, kita alokasikan sekitar Rp80 miliar melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan untuk peningkatan pembangunan pertanian di Sumatera Barat,” ujar anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Imral Adenansi. (*)

Baca juga: Gubernur Sumbar Panen Raya di Desa Talawi Hilie Dengan Alat Alsintan Lebih Murah

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumya6.100 KK di Kota Pariaman Siap Terima Bantuan Terdampak PPKM
Artikel berikutnyaMutasi Polri, Kapolres Solok Azhar Nugroho Ditarik ke Mabes