Wakil Bupati Sijunjung Tutup MTQ tingkat Nagari Batu Manjulur

sijunjung
Sijunjung, SuhaNews – Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah menutup secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Nagari Batu Manjulur di Masjid Taqwa Nagari Batu Manjulur, Kecamatan Kupitan, Senin (18/4/2022) malam.

Wabup mengatakan kalau ada anak-anak kita yang bersuara di masjid, para orang tua jangan langsung marah. Hal itu justru bisa membuat si anak tidak cinta dan benci ke masjid.

Baca juga: MTQ Tingkat Jorong Batu Palano Berakhir, Masjid Jihad Parak Gadang Raih Juara Umum

“Kami berharap kelak di penghujung hayat, anak-anak kita ini pandai mengaji, pintar salat dan pandai berdoa,” harap Iraddatillah.
Wabup Radi yang juga Ketua umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Sijunjung berharap kepada para peserta agar dapat menampilkan yang terbaik. Dewan juri, jelas Iraddatillah,  harus jujur dalam memberi penilaian. Sedang bagi yang lulus seleksi tingkat nagari bersiaplah untuk mengikuti MTQ tingkat Kecamatan.

“Saat ini Sijunjung mencari peserta MTQ dari daerah sendiri. Karena kita bangga dengan prestasi putra daerah sendiri walaupun di MTQ tingkat Provinsi kemarin Sijunjung di urutan sebelas,” jelas Iraddatillah didampingi Kabag Kesra diwakili oleh Analis Kebijakan ahli muda Amrizal dan Kabag PKP Aprizal.

“Kita mungkin saja bisa juara jika manfaatkan anak-anak dari luar daerah. Tapi target utama kita tidak itu. Target kita adalah bagaimana bisa mencetak dan memberdayakan para peserta MTQ dari Ranah Lansek Manih sendiri,” tambah Wabup Iraddatillah.

Walinagari Batu Manjulur April Muhammad menyampaikan, MTQ ini ialah kegiatan tahunan yang diadakan khusus pada bulan suci Ramadhan. Kegiatan ini juga ajang seleksi bagi anak-anak kita untuk mengikuti lomba MTQ tingkat Kecamatan.

“Ada 8 cabang lomba MTQ diselenggarakan di Batu Manjulur untuk TPQ dan TPSQ, dimana 6 di antaranya merupakan cabang utama dan 2 cabang tambahan,” ujar April Muhammad.

BACA JUGA  Berlakukan Protokol Kesehatan, SMPN 3 Bukit Sundi Bagikan Rapor Siswa

Ari menjelaskan, 6 cabang utama yaitu  Tilawah tingkat dasar, Tilawah tingkat remaja, Sholat Jenazah tingkat remaja, Sholat Jenazah tingkat umum, Khotbah Jum’at, Kaligrafi dan 2 cabang tambahan yaitu Kultum dan Cerdas Cermat.

Kegiatan ini berlangsung selama sepekan  11-16 April dan penutupan Senin, 18 April 2022.

Dalam  kesempatan ini, Wabup Radi menyerahkan bantuan dari Pemerintah Daerah kepada pengurus Masjid serta menyerahkan hadiah bagi para pemenang MTQ. Juara Umum MTQ ini diraih oleh peserta dari Musala Babussalam. (And)

Baca juga: Walikota Sawahlunto Deri Asta Buka MTQ ke-30 tingkat Desa Talago Gunuang

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakRindu Orang Tua, Santri Ponpes Insan Cendekia Harau Khatam Dua Kali Dalam 14 Hari
Artikulli tjetërMesum di Rumah Bagonjong Imam Bonjol, Pasangan ABG Diamankan Warga