Wakil Gubernur Buka Kegiatan TMMD/N di Kabupaten Solok

wakil
Arosuka, SuhaNews – Wakil Gubernur Sumbar Ir. Audy, S.Pt.,M.Sc., M.M., IPM, ASEAN. Eng., membuka TNI Manunggal Membangun Desa/Nagari  (TMMD) ke-112 Tahun 2021 di Wilayah Kodim 0309 Solok, Rabu, 15 September 2021 di Ruang Solok Nan Indah, Arosuka.

Acara pembukaan ini dihadiri oleh Bupati Solok diwakili Asisten Eksbangkesra Medison, Danrem 032 diwakili oleh Kaster kasrem 032/Wirabraja Kolonel  Kavaleri Husnizon S.I.P., Dandim 0309/Solok Lekol Reno Triambodo, Wakil Ketua DPRD Kab. Solok Ivoni Munir, Ketua GOW, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cab.63, SKPD, Forkopimda dan Pimpinan BUMN dan BUMD.

Baca juga: Pembukaan Pra TMMD ke-110 Sumatera Barat Tahun 2021 Dilaksanakan Serentak

Komandan Satuan Tugas atau Dandim 0309/Solok Letkol Reno Triambodo melaporkan bahwa Surat Bupati Solok Nomor 412.1/256/DPMN/PPM- 2020 tentang kesiapan Pemda Kabupaten Solok untuk menganggarkan Program TMMD Ke-112 di daerah ini.

“Kegiatan TMMD dimaksudkan untuk melaksanakan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan baik fisik maupun non fisik.

Kegitan Pra TMMD Ke-112 TA 2021, jelas Letkol Reno Triambodo, dilaksanakan mulai 20 Agustus s.d 14 september 2021. Sementara TMMD dilaksanakan mulai tanggal 15 September  s.d 14 oktober 2021, yang melibatkan personil TNI, POLRI, Pemda dan Kejari.

Bupati Solok diwakili Asisten Eksbangkesra Medison mengatakan bahwa dengan ada Program TMMD/N ini, bersyukur dan berterima kasih atas kehadiran TNI yang telah membantu terwujudnya perubahan sangat berarti bagi pembangunan di Kabupateb Solok.

“Operasi Bhakti TNI dalam program TMMD/N ke-112 di nagari Koto Sani dan Tanjung Alai Kecamatan X Koto Singkarak, di samping sebagai upaya pembebasan daerah dari kondisi keterisoliranya, juga merupakan sebuah rajutan jalinan silahturahmi antara TNI dan rakyat,” ujar Medison.

BACA JUGA  Tim Gabungan Kembali Sosialisasikan Perda AKB di Pasar Padang Panjang

Sementara Wakil Gubernur Sumbar Audy menegaskan bahwa program lintas sektoral antara TNI dengan kementrian, lembaga non kementrian (LPNK), pemerintahan daerah dan komponen masyarakat lainnya bertujuan meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah.

“Program TMMD dapat meningkatkan akslerasi pembangunan di daerah untuk kepentingan pertahanan negara dan mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa,” jelas Audy.

“Kegiatan TNI manunggal membangun desa (TMMD) Tahun 2021 dilaksanakan 3 kali dalam setahun pada  5 lokasi salah satunya di Kab. Solok dilaksanakan selama 1 bulan dari tanggal 15 september 2021 dan ditutup pada 14 Oktober 2021,” jelas Audy.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam program TMMD, jelas Audy, terdiri dari kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik yaitu kegiatan yang berkaitan dengan sarana dan prasarana yang menyentuh langsung meningkatkan kesejahteraan masyarakat sedangkan kegiatan non fisik meliputi penyuluhan/sosialisasi serta pembekalan.

Pada kesempatan itu, Wagub Sumbar Audy menyerahkan bantuan dari Pemrov Sumbar, penyerahan bibit tanaman buah dari Pemda Kab Solok, serta penyerahan bantuan 100 sak semen dari pimpinan Bank BNI cabang Solok  kepada Dandim 0309/solok. (Wewe)

Baca juga: Kodim 0319 Mentawai Sosialisasi TMMD Kepada Warga Pemilik Lahan

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaPemko Padang Panjang Raih Penghargaan Perlindungan Pekerja Rentan
Artikel berikutnyaTingkatkan Mutu Pendidikan, Genius Umar Teken MoU Sekolah Penggerak