Wakil Ketua DPRD Kota Solok Efriyon Coneng Dukung Kebangkitan STAI Solok Nan Indah

Wakil Ketua DPRD Kota Solok Efriyon Coneng Dukung Kebangkitan STAI Solok Nan Indah
Wakil Ketua DPRD Kota Solok Efriyon Coneng mendukung bangkitnya STAI Solok Nan Indah
SuhaNews. Efriyon Coneng, Wakil Ketua DPRD Kota Solok,  sangat mendukung upaya membangkitkan kembali kejayaan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Solok Nan Indah (SNI), yang beberapa tahun lalu sempat menjadi salah satu sekolah tinggi ternama yang memiliki ribuan mahasiswa.

Namun akibat kisruh yang terjadi di tubuh Yayasan, membuat kejayaan Sekolah Tinggi Agama Islam satu-satunya di wilayah Kota dan Kabupaten Solok itu meredup. “Kami berharap kepada kepengurusan yang baru dapat membangkitkan lagi nama baik STAI SNI sebagaimana tujuan dari sekolah tinggi tersebut,”beber Efriyon Coneng saat menyambut kehadiran pengurus STAI di DPRD Kota Solok, Senin 22 Juni 2020.

Menurut Efriyon Coneng, keberadaan Perguruan Tinggi Agama Islam di Kota Solok dinilai sangat berdampak tehadap kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat di sekitar kampus. Berbagai usaha seperti pemondokan (rumah kost), warung makan, jasa fotokopi, persewaan dan penjualan komputer, tempat kursus, warung telekomunikasi serta penjual buku serta studio foto tumbuh dengan baik.

“Selain perubahan struktur mata pencarian juga terbentuk pola hubungan sosial antara masyarakat dan mahasiswa,” beber Politisi PAN ini.

Tersebab itu, Ia berharap Pemerintah Daerah untuk lebih serius dalam memajukan dan mengembangkan serta mendukung dunia pendidikan berbasis Sekolah Tinggi Agama Islam yang berdiri sudah cukup lama di Kota Solok.

Hal itu juga didukung oleh posisi geografis Kota Solok yang berada pada jalur strategis sebagai jalur perlintasan dari berbagai daerah lain. Atas alasan itu, perhatian serius dalam pengembangan STAI SNI merupakan hal yang mutlak oleh Pemerintah Daerah dan warga Kota Solok.

Sementara itu, Wakil Ketua STAI SNI, DR. Ardi Satrial,MA yang hadir bersama pengurus lainnya seperti DR Muhammad Idris,MA,DR Isnadul Hamdi,MA dan Almunar,S.Pdi,MA mengungkapkan, kedatangannya ke DPRD Kota Solok memang untuk melakukan silaturahmi bersama Wakil Ketua DPRD Kota Solok yaitu Efriyon Coneng.

BACA JUGA  Rumah Kepala SDN 06 Tanjung Paku Solok Dilalap Api

“Kebetulan beliau dulunya pernah mengabdi dan sekaligus pernah menjadi salah satu mahasiswa sebelum STAI dilanda kisruh kepengurusan yayasan beberapa tahun lalu,” beber Ardi.

Saat ini, kata Ardi, STAI Solok Nan Indah merupakan Perguruan Tinggi Agama Islam satu – satunya yang ada di Kota dan Kabupaten Solok.  Walaupun sempat dilanda kisruh namun kini mulai eksis kembali dengan jajaran pengurus yang baru.

“Kami yakin dengan jajaran kepengurusan yang baru di bawah kepemimpinan Drs.H Kardinal N,MM,  semangat para dosen STAI mampu bangkit seperti masa kejayaan dulu. Makanya kami perlu dukungan dari pihak Pemerintah salah satunya lembaga DPRD,” ujar DR Ardi.

Saat ini,  tambah Ardi pihaknya masih dalam tahap penerimaan mahasiswa baru.  Untuk gelombang pertama dari tanggal 3 Februari sampai 30 Juli 2020 dan pendaftaran gelombang kedua terhitung dari tanggal 3 Agustus sampai 26 September 2020.

Ada 4 program studi yang dibuka. Yaitu Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Prodi Hukum Keluarga dan Prodi Perbankan Syariah. “Saat ini STAI memiliki tenaga Dosen aktif sebanyak 37 orang, termasuk dosen LB (luar biasa),”jelasnya.

Sumber : Beritanda1.com

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaHari Bhayangkara, Kapolres Solok Ikut Donor Darah
Artikel berikutnyaBupati Sutan Riska Tanam Padi Perdana di 80 Ha Sawah Gapoktan Bina Tani