Walikota Bukittinggi Lantik Pengurus BAZNAS Periode 2020-2025

wali
Bukittinggi, SuhaNews. Kepala Kantor Kemenag Kota Bukittinggi H. Kasmir didampingi Kasi Bimas Islam H. Zulfakhri, Penyelenggara Zakat dan Wakaf Hj. Misra Elfi menghadiri acara Pelantikan Ketua dan 4 Wakil Ketua Baznas Kota Bukittinggi periode 2020-2025 Selasa, 18 Agustus 2020. Pelantikan dilakukan Wali Kota Bukittinggi H. Ramlan Nurmatias bertempat di Balairung Rumah Dinas Walikota secara sederhana dan mematuhi protokol kesehatan.
Masdiwar, S. PdI, diamanahkan sebagai Ketua Baznas Bukittinggi periode 2020-2025 dengan 4 wakil ketua lainnya. Pelantikan Ketua dan 4 Wakil Ketua Baznas Bukittinggi periode 2020-2025 ini, dilaksanakan berdasarkan Surat Rekomendasi dan Pertimbangan dari Baznas RI.
Ketua Baznas Bukittinggi Masdiwar, sebagai Wakil Ketua I Syahrial Wahid, sebagai Wakil Ketua II Masrinal, sebagai Wakil Ketua III Muslimah dan sebagai Wakil Ketua IV Yasril Rahmadian.

Wali Kota Bukittinggi, H. Ramlan Nurmatias, menyampaikan keberadaan Baznas sebagai lembaga non struktural di bawah naungan pemerintah daerah dan Kemenag Bukittinggi merupakan instrumen untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat, untuk masyarakat Bukittinggi.

wali

“Alhamdulillah dari proses seleksi, hari ini kita telah lantik pimpinan Baznas Bukittinggi yang baru. Kami berharap, pimpinan yang baru dapat segera menyiapkan program kerja yang lebih baik. Zakat sering terlupakan oleh umat. Ini menjadi tugas berat bagi Baznas untuk dapat meningkatkan sosialisasi agar kedepannya masyarakat kita tidak lupa untuk melaksanakan salah satu rukun Islam ini,” ujar Ramlan.

Lebih lanjut, Wali Kota juga menyampaikan tahun 2020 ini, Baznas Bukittinggi telah menerima hibah sebesar Rp 250 juta. Untuk itu, diharapkan dana tersebut dimanfaatkan semaksimal mungkin sesuai aturan yang berlaku.
.
“Silahkan berkoordinasi dengan pengurus yang lama, sehingga apa program yang telah dilaksanakan dapat dijalankan dan ditingkatkan untuk kedepannya. Meskipun banyak rintangan dan celaan, kami yakin Baznas akan tetap bekerja sesuai aturan yang berlaku,” tegasnya.

Sementara itu sisi lain Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi H. Kasmir didampingi Penyelenggara Zakat dan Wakaf Hj Misra Elfi mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus BAZNAS Kota Bukittinggi periode 2020-2025. Untuk meningkatkan penghimpunan Zakat seiring dengan pertumbuhan kelas menengah Muslim, potensi penghimpunan zakat, infaq, dan sedekah di Indonesia khususnya di Kota Bukittinggi memiliki potensi yang sangat besar. Hal ini menjadi tantangan kedepan bagi pengurus BAZNAS Kota Bukittinggi bagaimana meningkatkan koordinasi antara lembaga zakat sehingga dana zakat dapat terkelola dengan baik.

“Nah tantangan kita adalah memperkuat koordinasi antar lembaga, integrasi data, sehingga kita memperoleh kecepatan di dalam penghimpunan data-data pengumpulan zakat maupun juga pendistribusian zakat,” ujarnya.

Selanjutnya H. Kasmir mengatakan Kemenag melakukan fungsinya sebagai regulator dan pengawas.

Sementara dalam koodinasi dan operasionalisasi pengelolaan zakat menjadi kewenangan Baznas dan lembaga-lembaga amil zakat. Jadi pada prinsipnya di negara kita pengelolaan zakat menjadi tanggung jawab bersama antar pemerintah dan masyarakat,” tuturnya lagi.

reporter : Yal editor : Moentjak

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...