Walikota Dukung Program Kemenag Bukittinggi “Manasik Haji Sepanjang Tahun”

Walikota Dukung Program Kemenag Bukittinggi
Kakankemenag Kota Bukittinggi H. Kasmir didampingi Kasi Haji menemui Walikota untuk membicarakan program manasik haji.
Bukittinggi, Inmas–Kepala Kantor Kemenag Kota Bukittinggi H. Kasmir bersama Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Tri Andriani Djusair bersilaturahmi dengan Walikota Bukittinggi H. Ramlan Numatias dan Kabag. Kesra Eryanson untuk membicarakan program manasik sepanjang tahun bagi Jama’ah haji Kota Bukittinggi Jum’at (19/06/ 2020).

Kedatangan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi H. Kasmir beserta rombongan ini di sambut langsung dengan hangat oleh walikota dan Kabag. Kesra di tempat terpisah.

Dalam pertemuan dengan walikota tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi H. Kasmir menyampaikan maksud kedatangannya yaitu selain untuk bersilaturahmi juga membicarakan terkait peningkatan layanan haji di Kota Bukittinggi, diantaranya peningkatan kualitas manasik haji melalui program manasik sepanjang tahun.

Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi melalui Penyelenggara Haji dan Umrah berencana menggelar manasik haji sepanjang tahun, apalagi untuk memberikan pemahaman bagi Jama’ah yang batal menunaikan ibadah haji tahun 1441 H/ 2020 M.

“Kita berharap manasik sepanjang tahun tersebut nantinya dapat meningkatkan wawasan, keterampilan dan kemampuan serta menguasai materi dan tata cara dalam beribadah haji. Hal Ini sangat berguna pada saat nanti berada di tanah suci, meskipun ada pembimbing haji namun jumlahnya terbatas sehingga Jama’ah dituntut untuk dapat mandiri sehingga tidak mengalami kesulitan saat menjalankan rangkaian ibadah haji di tanah suci. Bimbingan manasik haji sepanjang tahun adalah terobosan penting yang dilakukan Kementerian Agama agar calon Jama’ah haji benar benar memahami Rukun dan wajib haji, serta lafalan do’a yang diucapkan ketika melaksanakan rangkaian ibadah haji agar meraih haji yang mabrur, “ujarnya lagi.

program

“Untuk mewujudkan bimbingan manasik haji sepanjang tahun tersebut di Kota Bukittinggi, Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi berencana akan menggelar manasik di masing-masing kecamatan yang dibagi per kelurahan mengingat kondisi Covid-19, apalagi setelah keluarnya KMA 495 Tahun 2020 terkait pembatalan Pemberangkatan Jama’ah haji. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bimbingan manasik sepanjang tahun kepada calon Jama’ah haji sekaligus memberikan pemahaman kepada Jama’ah terkait poin-poin penting yang terkandung dalam Keputusan Menteri Agama tersebut” tuturnya.

BACA JUGA  H.Fuadi Nawawi; Semarakan HUTRI 76 dengan Patuhi Prokes

Sementara itu Walikota Bukittinggi H. Ramlan Numatias sangat mendukung program Kementerian Agama tersebut dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada Jama’ah Haji dalam upaya mewujudkan jama’ah haji yang mandiri.

“Kami minta gambaran kegiatan yang akan dilaksanakan menimbang keadaan sekarang di masa Covid-19. Nanti akan membicarakan dengan pihak terkait. Mudah-mudahan program ini bisa memberikan setitik embun bagi jama’ah haji Kota Bukittinggi yang batal berangkat menunaikan Ibadah Haji Tahun 2020 ini karena Pandemi Covid-19. Mungkin ini salah satu hikmah dibalik pembatalan keberangkatan Jama’ah haji tahun ini sehingga Jama’ah punya waktu yg lapang untuk mempersiapkan diri terutama ilmu manasik haji,” tutur walikota.

reporter : Yal editor : Moentjak

Baca Juga : 

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaDi Bawah Asuhan Arteta, Arsenal Selalu Kalah di Laga Tandang
Artikel berikutnyaDiikuti Bupati Solok, Salat Kusuf Berlangsung Dengan Protokol Kesehatan