Walikota Hendri Septa Sambut Baik Pekan Imunisasi Dunia

septa
SuhaNews– Walikota Hendri Septa mengaku menyambut baik dan mengapresiasi atas digelarnya Gebyar Pekan Imunisasi Dunia dan Bulan Imunisasi Anak Nasional tingkat Kota Padang di tahun ini.

Menurutnya, melalui kegiatan yang serentak digelar di seluruh Indonesia selama 16-22 April 2022 tersebut, diharapkan dapat melindungi anak-anak khususnya di kota yang ia pimpin dari penyakit yang hanya dapat dicegah melalui imunisasi.

Baca juga: Positif Covid-19 Meningkat, Pemko dan Polres Imbau Vaksinasi untuk Murid SD

Begitu juga melalui momentum tersebut, ia berharap dapat meningkatkan semangat para tenaga kesehatan (nakes), OPD terkait hingga pemerintah kecamatan, kelurahan dan elemen masyarakat dalam menjalankan program imunisasi di tengah masyarakat.

“Semoga dengan itu tercapainya tujuan kita bersama yakni terciptanya keluarga Indonesia yang sehat dan berkualitas,” harap Wali Kota dalam sambutannya sewaktu melaunching Gebyar Pekan Imunisasi Dunia dan Bulan Imunisasi Anak Nasional tingkat Kota Padang 2022 di Gedung Bagindo Aziz Chan, Kantor Balai Kota Padang, Selasa (19/4/2022) pagi.

Seperti diketahui kegiatan yang langsung dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Audy Joinaldy itu, mengangkat tema “Sehatkan keluarga Lewati Pandemi Covid-19 dengan Imunisasi Lengkap”.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Padang itu juga menyampaikan pentingnya imunisasi untuk memberikan anak-anak kesempatan tumbuh sehat dan bahagia dengan mengurangi ancaman penyakit-penyakit yang dapat dicegah melalui imunisasi.

Dijelaskannya, berbicara cakupan imunisasi dasar lengkap (IDL) di Kota Padang memang mengalami penurunan dari 93 persen pada tahun 2019 menjadi 62,6 persen di tahun 2020. Sementara di tahun 2021 capaian IDL baru mencapai 78,6 persen.

“Dampak penurunan cakupan imunisasi yang cukup signifikan ini dikhawatirkan akan timbulnya daerah-daerah yang berpotensi menjadi sumber kasus penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). Maka itu kita tentu berharap semua pihak saling berperan aktif membantu memberikan edukasi dan mendorong para kaum ibu yang mempunyai anak balita untuk segera mendapatkan imunisasi yang belum lengkap,” tutur Wako menekankan.

BACA JUGA  Dihadiri Wawako, Pengusrus FKDT Kota Solok Dikukuhkan

Pada saat yang sama Wagub Sumbar Audy Joinaldy mengatakan Gebyar Pekan Imunisasi Dunia tingkat Kota Padang dan Bulan Imunisasi Anak Nasional tersebut sangat penting dilakukan untuk melindungi para balita dari penyakit anak karena kurangnya imunisasi.

“Makanya melalui kegiatan ini mari kita kejar upaya itu. Alhamdulillah hari ini selain Kota Padang beberapa kota/kabupaten lainnya di Sumbar juga melakukan hal yang sama,” cetusnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang dr. Sri Kurnia Yati menyebutkan untuk tingkat Kota Padang pekan imunisasi dunia akan dilaksanakan pada Mei 2022 mendatang.

“Jadi untuk pekan imunisasi dunia launching sama gebyarnya sekarang, pelaksanaannya akan kita lakukan Mei hingga Juni nanti. Sasaran kita yaitu anak usia 0-5 tahun yang belum lengkap imunisasinya melalui program kejar imunisasi.”

“Sementara untuk kegiatan bulan imunisasi anak nasional sasarannya adalah umur 9 bulan sampai 15 tahun. Semoga upaya kita ini berjalan lancar dan sukses dengan didukung semua komponen tentunya,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga hadir baik secara langsung atau pun virtual diantaranya Pj Sekda Fitriati, Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, Asisten Pereknomian dan Pembangunan Endrizal dan Asisten Administrasi Umum Didi Aryadi.

Selain itu juga Kepala Dinas Kesehatan Sumbar dr. Lila Yanwar, Kakan Kemenag Kota Padang Edy Oktafiandi, serta sejumlah Kepala OPD dan stakeholder terkait, para Camat dan Kepala Puskesmas se-Kota Padang. Rel

Baca juga:

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakLonjakan Pemudik, Gubernur Sumbar Buka Rakor Persiapan Angkutan Lebaran
Artikulli tjetërWakil Bupati Sijunjung Bantu MTsS Pondok Pesantren Riadhus Sholihin