Walikota Pariaman Rakor Bersama Kepala Desa dan Lurah

rakor
Pariaman, SuhaNews – Walikota Pariaman Genius Umar berdialog dengan Kepala Desa dan Lurah se-Kota Pariaman, dalam Rapat Kordinasi (Rakor) Tahun 2021 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, Kamis (16/12) di Aula Pertemuan Hotel Safari Inn. 

Rakor untuk melakukan harmonisasi program-program kegiatan antara Desa dan Kota ini difasilitasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kota Pariaman.

Baca juga: TPID Kota Padang Gelar Rakor Antisipasi Lonjakan Harga Bahan Pangan Jelang Pergantian Tahun Baru

“Kita ingin mengetahui program desa yang telah terlaksana dan belum terlaksana, seperti program pariwisata, pertanian, water front city, dan lain sebagainya,” ujar Genius Umar.

Terkait dengan Bumdes yang ada di Kota Pariaman,  jelas Genius Umar, ada 44 Bumdes yang telah terbentuk, tapi hanya 50% saja yang aktif, sedangkan yang 50% lagi perlu pembinaan kembali dari OPD terkait.

“Jangan hanya mengandalkan Bumdes dari segi pariwisata saja, akan tetapi sesuaikan dengan potensi, agar Bumdes bisa berjalan sesuai dengan potensi di desa masing-masing,” tambah Walikota Genius Umar.

Selama tiga tahun terakhir ini, jelas Genius Umar, telah banyak penghargaan nasional yang diraih.  Salah satunya adalah penghargaan di bidang pembangunan desa.

“Pada tahun 2021 ini, Kota Pariaman meraih Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI)yakni Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, sebagai terbaik 3 (tiga) Nasional Kategori Desa Digital,” jelas Genius Umar.

Kepala DPMDes Kota Pariaman Hendri menjelaskan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini adalah untuk menyamakan persepsi antara pemerintah desa dengan pemerintah kota.

Hendri berharap dana desa bisa dikelola dengan baik dan dilaporkan setiap tahunnya, sehingga penggunaan dana desa ini, bisa memenuhi kriteria akuntabilitas, partisipatif dan juga kriteria informatif, dan bisa diakses oleh semua orang.

BACA JUGA  5 Pasien Covid-19 Kab. Solok Sembuh, 3 dari Sumani

“Dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat betul-betul bisa digunakan untuk meningkatkan ekonomi dan kesehjateraan masyarakat”, ulas Hendri. (*)

Baca juga: Masa Jabatan Berakhir, Walikota Sawahlunto Lantik Penjabat Kepala Desa

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaKelompok Tani V Koto Kampung Dalam Terima Hand Tractor
Artikel berikutnyaMAN 2 Bukittinggi Juara Satu Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Sumbar