FAKA Peringati HAN 2020 dengan Walikota Sawahlunto

Walikota Sawahlunto Peringati HAN 2020 dengan FAKA
SuhaNews, – Jika biasanya Walikota Sawahlunto Deri Asta diwawancarai oleh para wartawan, kali ini anak – anak Sawahlunto dari Forum Anak Kota Arang (FAKA) yang mewawancarai pemegang komando Pemko Sawahlunto itu. Momen ini terjadi dalam ‘Ngobrol Asyik FAKA bersama Walikota Sawahlunto’, sebuah acara dialog santai FAKA dengan Walikota Deri Asta, yang diselenggarakan Jum’at 24 Juli 2020 tadi. 

Belasan pertanyaan diajukan oleh Ainun Mardiah dan Ilham Ronaldi yang menjadi pembawa acara (host) dalam wawancara bertajuk bincang santai bersama Walikota Sawahlunto itu dijawab Deri Asta dengan panjang lebar dalam suasana penuh keakraban diselingi canda tawa. Ditayangkan secara langsung (live) pada akun Instagram FAKA dan Walikota Deri Asta, sejumlah penonton juga turut mengirimkan pertanyaan.

Ketua Forum Anak Kota Arang (FAKA) Ilham Ronaldi mengatakan bahwa kegiatan ‘Ngobrol Asyik bersama Walikota Sawahlunto’ ini merupakan salah satu inovasi FAKA dalam momen Hari Anak Nasional (HAN) 2020. Kegiatan ini selain untuk meningkatkan silahturrahmi dengan jajaran pimpinan kota, juga bertujuan melatih dan meng – upgrade kemampuan komunikasi anggota FAKA.

“Ini praktek langsung bagaimana berkomunikasi dengan orang yang lebih tua dan dituakan, yaitu pak Walikota. Kami senang sekali, ini pengalaman berharga, telah menjadi ilmu yang akan terus berguna bagi kami,” ujar Ilham.

Ditambahkan Ilham, sebelumnya kegiatan ngobrol asyik ini juga telah diselenggarakan dengan narasumber Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti. Ngobrol bersama Wawako Zohirin Sayuti ini terselenggara pada Rabu 22 Juli 2020.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PMD – PPA) Kota Sawahlunto, Dedi Syahendry mengatakan, kegiatan ngobrol santai dengan kepala daerah ini menjadi salah satu inovasi dalam penyelenggaraan Hari Anak Nasional (HAN) dalam masa pandemi Covid – 19 ini.

BACA JUGA  Harimau Sumatera Diduga Terkam 7 Ekor Anjing Milik Warga Tigo Koto Silungkang

“”Untuk kegiatan HAN seperti biasanya yang mengumpulkan anak – anak kemudian ada acara, memang tahun ini terpaksa tidak kita selenggarakan dahulu karena situasi pandemi Covid – 19. Untuk itulah, kita meriahkan HAN sekarang dengan pola lain seperti dialog santai ini,” ujar Dedi Syahendry.

Usai diwawancarai para ‘wartawan FAKA’ tersebut, Walikota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan apresiasi dan dukungan pada FAKA. Dikatakan Walikota, dirinya telah melihat anak – anak Sawahlunto itu memiliki semangat dan kemampuan serta kecerdasan yang mumpuni, untuk itulah Pemko berkomitmen untuk terus mendukung penuh untuk perlindungan dan pemberdayaan anak.

“Seperti dalam wawancara tadi, bisa kita lihat bagaimana skill anak – anak ini sudah bisa dikatakan mumpuni. Dilatih dan dikembangkan sedikit lagi, ditambah ‘jam terbangnya’ maka mereka akan semakin hebat dan profesional. Inilah peran kita di Pemko, bagaimana memfasilitasi agar bakat dan kecerdasan anak – anak ini dilatih dan dikembangkan sehingga berbuah pada prestasi dan kemampuan diri,” sebut Walikota Deri Asta.

Pemko, kata Walikota Deri Asta seperti yang disampaikannya pada ngobrol asyik tersebut, telah dan akan terus melakukan berbagai kebijakan/langkah – langkah untuk anak dan pelajar. Keberhasilan Sawahlunto mempertahankan predikat Kota Layak Anak (KLA) sampai pemberian baju seragam gratis pada pelajar SD dan SLTP menjadi salah satu contoh konkret kebijakan pro – anak tersebut.

“Selamat Hari Anak Nasional (HAN) 2020. Anak Sawahlunto sehat, ceria dan berprestasi. Mari bersama kita lebih perhatian dan lebih menyanyangi anak – anak kita sehingga generasi penerus Kota Sawahlunto menjadi lebih baik,” kata Walikota Sawahlunto Deri Asta. (Humas)

Baca juga :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaDiresmikan Bupati Solok, H. Alizar Khatib Pertama di Masjid Nurul Ihsan
Artikel berikutnyaKota Pariaman Miliki Kelompok Pendamping Desa Berdikari